SEMINAR NASIONAL: PENCEGAHAN DAN PENANGANAN KEKERASAN SEKSUAL AGAR TIDAK ADA YANG MENJADI KORBAN


Persma Al-Mumtaz — Himpunan Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Islam (BKI) IAIN Palangka Raya menyelenggarakan kolaborasi "Seminar Nasional Pelatihan" bersama Himpunan Mahasiswa Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) UIN Antasari Banjarmasin. Seminar ini menghadirkan dua orang narasumber yang masing-masing berasal dari IAIN Palangka Raya dan UIN Antasari Banjarmasin. IAIN Palangka Raya dipilih untuk menjadi tempat dilaksanakannya seminar nasional ini, pada hari Minggu (27/11/2022).

 

Seminar nasional dihadiri oleh wakil dekan III Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Antasari Banjarmasin, wakil dekan III Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah IAIN Palangka Raya, serta mahasiswa maupun siswa dari institusi lainnya.

 

Kekerasan seksual merupakan tindakan negatif yang dapat membuat si korban mengalami trauma, bahkan gangguan mental. Mengingat korban rentan mengalami gangguan jiwa maka akan menjadi fatal jika korban kekerasan seksual dibiarkan begitu saja dan tidak diberikan penanganan serius.

 

Dengan mengangkat tema "Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual", seminar kolaborasi ini memiliki tujuan untuk memberikan strategi dan solusi dalam menghadapi kekerasan seksual kepada para peserta seminar, agar bisa meminimalisir terjadinya kekerasan seksual terhadap masyarakat di masa mendatang.

 

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, setelah itu mendengarkan lagu Indonesia Raya dan Mars Mahasiswa totalitas perjuangan. Sambutan-sambutan diberikan oleh ketua panitia seminar saudari Rizka Ariana, Perwakilan HMJ BPI UIN Antasari saudara Muhammad Ilham Ramadhan, Wakil Dekan III Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Antasari Banjarmasin Bapak Dr. Ahmad Salabi, M.Pd dan wakil Dekan III Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah IAIN Palangka Raya Bapak Dr. Taufik Warman Mahfuzh, Lc., M.Th.I. Lalu langsung dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Ibu Ari Pamungkas, M.Psi dan Bapak Dr. Taufik Hidayat, M.Kes.

 

Penyampaian kedua materi dalam seminar kolaborasi ini disambut dengan baik dan antusias oleh para peserta seminar yang hadir di acara tersebut. Para peserta terlihat aktif ketika memasuki sesi tanya-jawab dan pemateri pun dengan senang hati memberikan isi pikiran mereka terkait materi yang disampaikan. Sehingga acara seminar kolaborasi antara IAIN Palangka Raya dengan UIN Antasari Banjarmasin ini terlihat berwarna dengan keaktifan para peserta seminarnya.

 

Foto Bersama Pemateri dan Panitia dari BKI IAIN Palangka Raya dan BPI UIN Antasari

Di samping itu, Rizka Ariani selaku ketua panitia pelaksana Seminar Nasional ini mengungkapkan harapannya mengenai acara ini. "Harapan kami di sini, seluruh peserta dan tamu undangan lainnya, dapat menangkap apa yang kami berikan, apa yang kami sudah paparkan dari para pemateri yang luar biasa, dari psikolog dan psikiater. Kami harap, semua peserta menangkap dan mengimplementasikannya dalam lingkungan sekitar kita" Ungkapnya.

 

Selain itu, Dita Cahyani sebagai salah satu peserta seminar yang juga merupakan mahasiswa Akuntansi Syariah IAIN Palangka Raya berpendapat dan mengungkapkan harapannya mengenai acara tersebut. "Banyak ilmu baru yang aku dapatkan dari pemateri tadi. Menurut ku, ilmu tentang pencegahan seksual itu bagiku wajib buat aku, terutama anak muda perempuan yang emang harus tau lebih dalam tentang pencegahan seksual, terlebih lagi aku anak rantau pasti harus jaga-jaga. Tentang gimana cara mencegah pelecehan seksual dan solusinya jika kita punya temen yang menjadi korban pelecehan tersebut bisa membantunya, gimana yang harus kita lakukan" Ungkapnya.

 

Reporter: Syafina Annazah, Nosy Restia dan Hana intishar

 

Editor: Muhammad Aqli

KOMENTAR

Nama

Artikel,21,Berita,117,Berita Kampus,108,Berita Khusus,9,Fiksi,23,FILM,13,kajian keislaman,17,Opini,27,Puisi,19,resensi buku,14,
ltr
item
PERSMA AL-MUMTAZ: SEMINAR NASIONAL: PENCEGAHAN DAN PENANGANAN KEKERASAN SEKSUAL AGAR TIDAK ADA YANG MENJADI KORBAN
SEMINAR NASIONAL: PENCEGAHAN DAN PENANGANAN KEKERASAN SEKSUAL AGAR TIDAK ADA YANG MENJADI KORBAN
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhG8EyUi4FUi3lIoSAVEMveYIo01MhEe4AdS_wBI2hlf88ogzBCX4UFCbhRRimUWDLseC9s6jarHYC62a227HRjBCaOrt5RBApRsxgRukd7Obk03m0FlrHHVILjwD4U6nwipueO-fpxh-5tocIyUPRKIQAgdjrqllEpUrHSzLxyB_hmravCmrAnxg9t/w369-h246/IMG_9083.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhG8EyUi4FUi3lIoSAVEMveYIo01MhEe4AdS_wBI2hlf88ogzBCX4UFCbhRRimUWDLseC9s6jarHYC62a227HRjBCaOrt5RBApRsxgRukd7Obk03m0FlrHHVILjwD4U6nwipueO-fpxh-5tocIyUPRKIQAgdjrqllEpUrHSzLxyB_hmravCmrAnxg9t/s72-w369-c-h246/IMG_9083.JPG
PERSMA AL-MUMTAZ
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2022/12/seminar-nasional-pelatihan-pencegahan.html
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2022/12/seminar-nasional-pelatihan-pencegahan.html
true
2107564355454311192
UTF-8
Loaded All Posts tidak menemukan posts LIHAT SEMUA Baca Semua Balas Batal Balas HAPUS OLEH BERANDA HALAMAN POSTS LIHAT SEMUA REKOMENDASI PEMBACA LABEL ARCHIVE PENCARIAN SEMUA BERITA Tidak menemukan pos yang cocok dengan permintaan Anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des saat ini 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy