PBAK AMERTA 2022 : ANGKATAN MUDA ENERGIK, RELIGIUS, DAN TANGGUH

Persma Al-mumtaz - PBAK atau singkatan dari  Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan adalah orientasi untuk mahasiswa baru ataupun mahasiswa lama yang belum mengikuti orientasi setelah dinyatakan lulus menjadi mahasiswa resmi di PKIN. PBAK bertujuan untuk memperkenalkan lingkungan kampus, para dosen-dosen hingga prodi-prodi yang ada di IAIN Palangka Raya.

PBAK AMERTA dilaksanakan di area kampus IAIN Palangkaraya pada tanggal 20 yaitu Pra-Pbak dan tanggal 22-24 untuk acara pembukaan hingga acara penutupan.

Pra-Pbak Amerta yang diadakan pada Sabtu (20/08/22) dengan tujuan memperkenalkan UKK/UKKM yang ada dalam area IAIN Palangka Raya, juga untuk membekali para mahasiswa baru dengan apa saja barang atau perlengkapan yang perlu mereka bawa saat hari pertama, kedua, ketiga Pbak.

PBAK AMERTA hari pertama diadakan pada Senin (22/08/22) diawali dengan upacara pembukaan di lapangan utama IAIN Palangka Raya. Dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Usup Kurniawan (Wakil Ketua DEMA Institut), Tirta Yoga Panuntun (Demisioner Ketua DEMA IAIN Palangka Raya 2021), Dr. Sadiani, M.H. (Wakil Rektor III) dan Ahmad Zaky Ghozali, S.Kom. (UPT TIPD).

Hari kedua PBAK AMERTA diadakan pada Selasa (23/08/22) diisi oleh Prof. Dr. Hj. Hamdanah, M.Ag (Wakil Rektor I IAIN Palangka Raya), Beni Adriano (Koorwil BEM SI Kalteng-Bar), Aldi Pratama putra S.Kom dan Supriyadi S.Pd (Mikwa Institut), Dr. H. Khairil Anwar, M.Ag, dan Dr. H. Sardimi, M.Ag. Materi-materi yang beliau jabarkan memberikan informasi tentang dunia perkuliahan dari pedoman akademik, administrasi di kampus, pengelolaan pengurusan perguruan tinggi agama, dan seterusnya.

Hari ketiga PBAK AMERTA diadakan pada Rabu (24/08/22) diisi oleh Irjen Pol. Drs. Nanang Avianto, M.Si (Kapolda Kalteng), Eka Suriansyah M.Si (Pembina Ma'had Al-Jamiah), dan M. Rizky Oktaviandi, S.E (Demisioner Wapresma 2021) yang dimana beliau bertiga memberikan materi secara berurutan dari materi menangkal bahaya radikalisme dan terorisme, pengelolaan Ma'had dan mahasiswa berkuliah berbarengan dengan aktif di oorganisasi.
Pengurus DEMA IAIN Palangka Raya Beni Adriatno dan Usup Kurniawan menyampaikan bahwa PBAK merupakan kegiatan wajib yang dilaksanakan oleh pihak kampus untuk para mahasiswa baru IAIN Palangkaraya sebagai syarat untuk menempuh studi dan mengikuti lembaga kemahasiswaan. 

Ali Zainal Abidin (Ketua Senat Mahasiswa IAIN Palangka Raya). Mengungkapkan “Untuk PBAK kita ada dua konsep yaitu akademik dan pengenalan kehidupan kampus. Untuk akademik sendiri itu berkaitan dengan materi-materi yang akan disampaikan oleh pihak-pihak terkait. Sedangkan untuk pengenalan kampus itu kami menggunakan konsep meramaikan kehidupan kampus salah satunya dengan memberi tempat untuk ormawa aktif kembali melalui PBAK AMERTA ini.”

Ali berharap agar para mahasiswa baru mampu untuk menerapkan materi-materi yang telah diberikan, dan juga ikut bergabung dalam ormawa-orwama ataupun UKK/UKM yang ada. Aktiflah berkehidupan diantara akademik dan juga kemahasiswaan.
Dikutip dari penyampaian materi oleh Bapak Dr. Sadiani, M.H. “ Menjadi Mahasiswa yang produktif mulainya dari diri kita sendiri, kamu yang memulai dan kamu yang mengakhiri. Niat itu penting, karna sesungguhnya perbuatan itu tergantung kepada niatnya. Jika niat itu betul-betul menuntut ilmu, seberapa yakin dia bisa, maka ia akan mencapai itu”

Dua orang peserta memberikan kesan, pesan dan keluh kesahnya pada saat PBAK AMERTA, "Alhamdulillah seru sekali kak, karena orangnya rame, sama kakak bindamnya cantik-cantik" Ujar salah satu peserta.

"Kalau Ulun itu lebih kek kadang kesel, karena kan amun banyak pesertanya itu emang uyuh diatur jadi mengulur waktu am, kesalnya disitu. Ada juga serunya, ada asiknya. Kadang jua itu gagan dimamai mamai" Tambah peserta yang lain.

Saat diwawancarai terkait apakah mereka masih semangat mengikuti kegiatan PBAK AMERTA mereka berdua berbarengan mengatakan bahwa mereka masih semangat untuk mengikutinya. 

Reporter : Hana Instishar, Ahmad Nur Adi, Sarifah, Emia Sentiya dan Nadia Khairunnisa
Editor : Ari Rahmad Nawawi

KOMENTAR

Nama

Artikel,21,Berita,110,Berita Kampus,101,Berita Khusus,9,Fiksi,23,FILM,13,kajian keislaman,17,Opini,27,Puisi,19,resensi buku,14,
ltr
item
PERSMA AL-MUMTAZ: PBAK AMERTA 2022 : ANGKATAN MUDA ENERGIK, RELIGIUS, DAN TANGGUH
PBAK AMERTA 2022 : ANGKATAN MUDA ENERGIK, RELIGIUS, DAN TANGGUH
https://lh3.googleusercontent.com/-6DVetRN4Cs0/YxIXjilD_ZI/AAAAAAAAB_s/nLNsXHStp6EUBecKx3vVMZWmqVNbPkJYACNcBGAsYHQ/s1600/1662130226133802-0.png
https://lh3.googleusercontent.com/-6DVetRN4Cs0/YxIXjilD_ZI/AAAAAAAAB_s/nLNsXHStp6EUBecKx3vVMZWmqVNbPkJYACNcBGAsYHQ/s72-c/1662130226133802-0.png
PERSMA AL-MUMTAZ
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2022/09/pbak-amerta-2022-angkatan-muda-energik.html
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2022/09/pbak-amerta-2022-angkatan-muda-energik.html
true
2107564355454311192
UTF-8
Loaded All Posts tidak menemukan posts LIHAT SEMUA Baca Semua Balas Batal Balas HAPUS OLEH BERANDA HALAMAN POSTS LIHAT SEMUA REKOMENDASI PEMBACA LABEL ARCHIVE PENCARIAN SEMUA BERITA Tidak menemukan pos yang cocok dengan permintaan Anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des saat ini 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy