PENTINGNYA MENJADI SEORANG PRODUKTIF

Berbicara tentang produktif mungkin beberapa dari kita berfikir bahwa seorang yang produktif adalah seseorang yang sibuk sepanjang waktu dengan sebuah pekerjaan. Lantas apa yang dimaksud dengan produktif sesungguhnya? Pada kesempatan kali ini penulis akan menjelaskan tentang pengertian produktif, pentingnya sifat produktif pada diri kita dan bagaimana menjadi produktif.


Produktif sendiri adalah suatu sifat yang mana seseorang mencoba untuk mencapai tujuannya dan bisa meluangkan waktu untuk hal-hal penting. Sifat produktif bisa dikatakan hampir sama dengan sifat rajin dan merupakan kebalikan dari sifat malas. Orang yang memiliki sifat produktif biasanya akan terlihat sangat sibuk dikarenakan mindset mereka adalah menyelesaikan suatu tugas secepat dan sebaik mungkin.

 

Jika kita melihat diri kita sendiri, apakah diri kita sudah produktif? Jawabannya hanya diri kita sendiri lah yang mengetahui. Lantas sebenarnya apa manfaat dari produktif? Menurut saya sendiri (penulis) pentingnya sifat produktif pada diri seseorang adalah agar mereka tidak bermalas-malasan, dapat mengerjakan tugas atau pekerjaan tepat waktu bahkan sebelum waktu tenggatnya. Sudah banyak kejadian yang mana orang-orang mengerjakan suatu pekerjaan dalam satu hari bahkan satu jam sebelum waktu tenggatnya, alhasil mereka menjadi panik, pusing dan stres bahkan menyerah sebelum menyelesaikan tugas mereka. Oleh karena itu menurut penulis sifat produktif perlu kita tumbuhkan di dalam diri kita agar hal tersebut tidak terjadi pada diri kita. Jika dibayangkan, saat kita mengerjakan tugas tepat waktu atau sebelum waktu tenggatnya maka setelah itu kita akan memiliki waktu luang untuk melakukan aktivitas atau hal yang ingin kita lakukan seperti hobi atau liburan tanpa adanya pikiran akan tugas atau pekerjaan yang belum selesai.  Bukankah itu terdengar sangat bagus. Penulis rasa itulah mengapa memiliki sifat atau menumbuhkan sifat produktif itu penting.

 

Adapun cara untuk menjadi seorang yang produktif sebagai berikut :

  • Fokus terhadap tugas atau pekerjaan yang paling penting

Mungkin Anda sudah banyak mendengar kalimat ini, namun memprioritaskan suatu pekerjaan atau tugas adalah hal yang penting untuk menjadi seorang yang produktif. Anda bisa membuat daftar tugas atau pekerjaan sesuai dengan tingkat kepentingan atau waktu tenggat dari tugas tersebut.

 

  • Fokus pada proses dan bukan hasil

Kebanyakan orang akan berfokus pada hasil. Hal ini tidak sepenuhnya salah tetapi untuk menjadi seseorang yang produktif kita harus bisa berfokus pada proses. Sebab seseorang yang produktif memiliki pemikiran bahwa dengan melakukan yang terbaik pada proses akan memberikan hasil yang terbaik pula.

 

  • Disiplin waktu atau tepat waktu

Orang yang produktif akan selalu berusaha untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugasnya tepat waktu. Mereka akan selalu membuat rencana agar tugas yang mereka kerjakan selesai sebelum waktu tenggatnya.


  • Menjauhkan hal-hal yang dapat merusak konsentrasi atau mengganggu saat bekerja

Untuk menjadi produktif kita harus memiliki konsentrasi yang tinggi, oleh karena itu, menjauhkan hal-hal yang dapat merusak konsentrasi kita perlu dilakukan. Hal tersebut bertujuan agar tugas yang ada dapat diselesaikan lebih cepat.

 

  • Mengetahui kapan harus istirahat

Seorang yang produktif adalah  seseorang yang harus mengetahui kemampuan dirinya sendiri, oleh karena itulah mengetahui kapan harus beristirahat merupakan hal yang penting. Walaupun pekerjaan atau tugas yang kita lakukan itu tinggal setengahnya namun pada saat ingin menyelesaikan tugas itu kita sudah sangat kelelahan maka dianjurkan untuk beristirahat karena performa terbaik seseorang adalah saat mereka sehat dan tidak kelelahan.

 

  • Memperhatikan dan memilih lingkungan saat bekerja atau melakukan tugas

Seseorang akan lebih mudah melakukan pekerjaan atau tugasnya di lingkungan yang membuat mereka nyaman, contohnya saja didalam kamar dengan jendela terbuka. Orang-orang yang produktif akan memilih lingkungan yang dapat membuat mereka rileks namun juga tidak menggangu pekerjaan mereka karena akan membuat pikiran mereka tenang dan santai dalam melakukan pekerjaannya.

 

  • Tidak melakukan banyak tugas sekaligus dan membagi tugas menjadi bagian-bagian yang lebih kecil

Untuk menjadi seseorang yang produktif harus bisa memfokuskan diri ke satu pekerjaan atau tugas pada satu waktu dan tidak mencoba melakukan banyak pekerjaan disaat bersamaan agar mendapatkan hasil yang maksimal dan tidak terjadinya kebingungan dalam melakukan pekerjaan atau tugas. Untuk suatu pekerjaan/tugas yang besar atau memiliki cakupan yang luas kita bisa membaginya menjadi tahapan atau bagian yang lebih kecil, contohnya membersihkan rumah dengan cakupan yang besar kita bisa membagi pekerjaan tersebut dengan membersihkan ke tempat-tempat tertentu terlebih dahulu seperti kamar mandi lalu kamar tidur, ruang keluarga dan seterusnya dengan begini membersihkan rumah akan menjadi lebih mudah karena kita sudah memiliki rencana yang matang.

 

Penulis: Muhammad Aqli

Redaktur: Ari Rahmad Nawawi

Referensi: gramedia.com, lifestyle.kompas.com, m.kumparan.com

KOMENTAR

Nama

Artikel,21,Berita,100,Berita Kampus,93,Berita Khusus,7,Fiksi,23,FILM,13,kajian keislaman,17,Opini,27,Puisi,19,resensi buku,14,
ltr
item
PERSMA AL-MUMTAZ: PENTINGNYA MENJADI SEORANG PRODUKTIF
PENTINGNYA MENJADI SEORANG PRODUKTIF
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgoLAeBBEIMCovRS_2oVkMr4lost8IJXnMXIuxN7FvQW7Pig8xPbXd4xwauyCDgCO99ITRoyTceL6HYICJBZ0ex6lFrqNt_0Z8YY5KjTfBdowUTIWD2y_77V1pS606mjbhBbTemCBgwEVVXyIc8gLJjeA7jF1nxHNiGY9o-lEi-c2yetNJykpJ5bJse=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgoLAeBBEIMCovRS_2oVkMr4lost8IJXnMXIuxN7FvQW7Pig8xPbXd4xwauyCDgCO99ITRoyTceL6HYICJBZ0ex6lFrqNt_0Z8YY5KjTfBdowUTIWD2y_77V1pS606mjbhBbTemCBgwEVVXyIc8gLJjeA7jF1nxHNiGY9o-lEi-c2yetNJykpJ5bJse=s72-c
PERSMA AL-MUMTAZ
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2022/02/pentingnya-menjadi-seorang-produktif.html
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2022/02/pentingnya-menjadi-seorang-produktif.html
true
2107564355454311192
UTF-8
Loaded All Posts tidak menemukan posts LIHAT SEMUA Baca Semua Balas Batal Balas HAPUS OLEH BERANDA HALAMAN POSTS LIHAT SEMUA REKOMENDASI PEMBACA LABEL ARCHIVE PENCARIAN SEMUA BERITA Tidak menemukan pos yang cocok dengan permintaan Anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des saat ini 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy