APA ITU MENTAL BLOCK?

Persma Al Mumtaz - Tahukah Anda apa itu mental block? Mental block adalah sebuah kondisi otak manusia yang tidak mampu berfikir atau mengolah informasi dengan baik di sebabkan oleh banyak hal pemicu. Mental block menjadi salah satu hambatan psikologis yang dapat mencegah bahkan menghalangi seseorang dalam melakukan sebuah keterampilan.  Kata lain dari mental block adalah stuck dalam berfikir, yang mana otak tidak mampu mencerna, mengolah, berfikir, secara normal. 

Ciri-ciri dari mental block antara lain: tidak memiliki gairah bahkan kehilangan energi dalam melakukan sesuatu ; sensitif dan mudah tersinggung akibat suatu hal ; selalu merasa tegang ; mengalami emosi yang berlebihan hingga adanya tekanan psikologis.

Beberapa penyebab terjadinya mental block yang dialami oleh seseorang sebagai berikut:

1.    Kelelahan mental

Mental yang lelah akibat padatnya jadwal pekerjaan, adanya masalah yang menyebabkan beban pikiran hingga menjadi tekanan batin menjadi pemicu terjadinya mental block.

2.    Kurang tidur

Jadwal tidur yang kurang menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami dan pemicu terjadinya mental block. Jam tidur yang kurang akan menyebabkan seseorang merasa lelah, mudah stress, hingga kurang fokus.

3.    Gizi yang kurang

Kurangnya gizi seseorang menjadi salah satu pemicu terjadinya mental block. Akibat gizi yang kurang, seseorang menjadi sedikit lebih susah dalam berfikir. Dapat di lihat pada orang yang kekurangan vitamin B12 akan mudah mengalami kehilangan ingatan sehingga mudah lupa terhadap sesuatu.

4.    Lingkungan yang tidak mendukung

Siapa yang mengira bahwa lingkungan menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami mental block? Lingkungan berkaitan dengan kesehatan mental seseorang. Lingkungan yang tidak mendukung seperti adanya partner yang tidak bisa diajak berkerja sama, perlakuan orang sekitar menjadi pemicu seseorang dalam mengalami mental block. Sehingga adanya distract atau gangguan dari orang sekitar mengalangi seseorang berpikir jernih.

5.    Pesimisme

Pesimisme atau dikenal dengan paham yang menganggap segala sesuatu dari sudut buruknya saja menjadi faktor pemicu terjadinya mental block. Mindset dalam diri seseorang memainkan peran penting terkait dengan kualitas yang dihasilkan oleh orang tersebut.

Adapun beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi mental block sebagai berikut:

1.    Membuat tujuan yang realistis

Seseorang bisa melakukan sesuatu dengan baik apabila Ia memiliki tujuan dalam pikirannya sendiri. Memiliki tujuan adalah hal yang sangat positif, tapi pikirkanlah kembali apakah tujuan itu sesuai dengan kemampuan kita. Manusia memiliki kemampuan untuk meraih keinginan, tapi tentu saja semua orang memiliki potensi yang berbeda-beda, dalam mengembangkan potensi pribadi kearah yang sesuai minat dan hobi.

2.    Mulailah dengan tugas yang termudah

Seseorang yang berkeinginan untuk menjadi penulis besar sangat mungkin untuk mencapai keinginannya, tapi jika sehari-harinya malas membaca, tidak pernah menulis, dan hanya bermimpi, tentu saja pada akhirnya hanya akan meratapi kegagalan. Solusinya adalah, mulailah bentuk pola pikir yang didasari target yang besar dengan disertai tujuan-tujuan jangka pendek yang berkesinambungan. Setiap kita berhasil mencapai tujuan-tujuan jangka pendek yang direncanakan, jadikanlah sebuah pencapaian prestasi. Hargai dan pujilah diri sendiri.

3.    Mempercayai diri sendiri

Salah satu penyebab terjadinya mental block adalah kurangnya percaya diri atau pesimisme. Jadi, untuk melawan pesimisme tersebut kita harus mencoba optimis. Lawanlah mindset "aku tidak bisa melakukan ini" dan terapkanlah mindset "aku pasti bisa melakukan ini jika aku mencoba". Ingatlah walaupun kita gagal namun kita sudah berusaha. Dari pada berdiam diri dan hanya merasa tidak bisa melakukan apa-apa, lebih baik mencoba dan gagal. Lalu gunakanlah kegagalan itu sebagai pelajaran.

4.    Melakukan terapi kognitif

Dalam sebuah artikel penelitian milik Noviyanti (2016), berjudul “Mengatasi Mental Block Pada Remaja Melalui Cognitive Therapy (CT)” melakukan terapi kognitif salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi mental block. Perlu adanya peranan konselor dalam cognitive therapy. Dalam hal ini konselor CT berfokus pada distorsi kognitif yang berlebihan seperti pola pikir yang selalu negatif, selalu mengkritik diri sendiri, hingga generalisasi berlebihan. Terapi kognitif adalah terapi pemahanam yang menekankan pada pengenalan dan pengubahan pola pikir negatif dan keyakinan yang salah terhadap sesuatu.

Dapat disimpulkan bahwa mental block adalah kondisi dari otak manusia yang mana otak tidak mampu berfikir, mengolah, bahkan mencerna seseuatu dengan baik. Mental block pada diri seseorang harus segera diatasi karena mental block berkaitan dengan masalah psikologis seseorang. Tidak hanya itu, mental block dapat menyebabkan seseorang mengalami masalah patologi sosial, pemicu terjadinya stress, insecure, overthinking, hingga terjadinya quarter life crisis (QLC).

Penulis: Tim Redaksi Online Persma Al-Mumtaz

KOMENTAR

Nama

Artikel,21,Berita,110,Berita Kampus,101,Berita Khusus,9,Fiksi,23,FILM,13,kajian keislaman,17,Opini,27,Puisi,19,resensi buku,14,
ltr
item
PERSMA AL-MUMTAZ: APA ITU MENTAL BLOCK?
APA ITU MENTAL BLOCK?
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhDZSHbHnugtUJArX3XiVBVPrEBojxg7hU7ttFZkWVRq7aJK5lMvVchwsh3qD-6PBEMurdf8cdyYMcEwpvXkhnHPcHegAqu2LQb_1vuSC0Nc8g1EYS9EUOjIwm537RBRZOnzqWAVaXsQjDILjjA834biZcAwc89s2stIjXUmKzNGoHBh6aa9q0kedqa=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhDZSHbHnugtUJArX3XiVBVPrEBojxg7hU7ttFZkWVRq7aJK5lMvVchwsh3qD-6PBEMurdf8cdyYMcEwpvXkhnHPcHegAqu2LQb_1vuSC0Nc8g1EYS9EUOjIwm537RBRZOnzqWAVaXsQjDILjjA834biZcAwc89s2stIjXUmKzNGoHBh6aa9q0kedqa=s72-c
PERSMA AL-MUMTAZ
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2022/01/apa-itu-mental-block.html
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2022/01/apa-itu-mental-block.html
true
2107564355454311192
UTF-8
Loaded All Posts tidak menemukan posts LIHAT SEMUA Baca Semua Balas Batal Balas HAPUS OLEH BERANDA HALAMAN POSTS LIHAT SEMUA REKOMENDASI PEMBACA LABEL ARCHIVE PENCARIAN SEMUA BERITA Tidak menemukan pos yang cocok dengan permintaan Anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des saat ini 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy