MENGENAL APA ITU MOOD SWING

Pernah kah Anda mendengar istilah mood swing yang sering di ucapkan oleh banyak orang akhir-akhir ini di sekitar Anda? Atau Anda salah satu orang yang sedang mengalami mood swing? Mood swing salah satu permasalahan yang sering di alami setiap orang, terutama untuk remaja yang sedang mengalami puber menuju dewasa. Lantas apa pengertian dari mood swing? Mood swing terbentuk dari dua kata yaitu “mood” yang berarti suasana hati, sedangkan “swing” yang berarti ayunan atau berayun. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mood swing adalah suasana hati atau keadaan emosional yang sering berubah-ubah. Banyak faktor yang dapat memicu masalah ini seperti hal nya Anda marah karena di omeli oleh manajer di sebuah perusahaan, atau setelah minum kopi atau mendengarkan musik favorit maka rasa marah itu langsung hilang dan Anda menjadi tenang. Akan tetapi hal tersebut masih di katakan sebagai masalah normal yang sering di alami oleh banyak orang.

Lalu bagaimana dengan permasalahan atau contoh mood swing yang sesungguhnya? Contoh yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari adalah perubahan emosi atau perasaan secara tiba-tiba bahkan mendadak seperti tanpa adanya alasan tertentu yang menyebabkan perasaan seseorang bisa berubah dari senang menjadi sedih, dari sedih menjadi marah, dan dari marah menjadi senang tanpa ada penyebab yang pasti dari adanya perubahan emosi tersebut.

Mood swing juga dapat menjadi salah satu indikator bagi seseorang yang mengalami gangguan mental seperti bipolar. Hal ini bisa terjadi karena beberapa penyebab, di antaranya ialah :

a. Depresi dan Stress
Depresi yang tidak segera diatasi bisa menyebabkan seseorang mengalami mood swing. Selain mood swing, depresi juga mengakibatkan terganggunya hubungan sosial pengidap depresi. Stress yang berkepanjangan juga dapat menyebabkan terganggunya mental seseorang.

Solusi yang dapat di lakukan untuk mengatasi masalah ini ialah mencoba mengambil waktu (me time) untuk mengatasi rasa depresi atau stress yang mungkin di sebabkan karena pekerjaan yang menumpuk atau mencoba terbuka terhadap orang sekitar bahkan berkonsultasi dengan psikiater mengenai bagaimana cara mengatasi permasalahan yang satu ini jika sudah di anggap tidak normal atau depresi yang berkepanjangan.

b. Kondisi Hormon
Kondisi hormon yang berubah juga dapat menyebabkan mood swing, ini biasanya terjadi pada remaja yang sedang memasuki masa pubertas atau pada wanita yang mengalami pre-menstrual syndrome (PMS), kehamilan, atau menopause.

c. Karena Mengonsumsi Makanan Tertentu
Makanan dapat mempengaruhi mood dengan merangsang produksi dopamin. Dopamin adalah senyawa kimia dalam otak yang membuat kita merasa senang, bahagia, dan puas untuk mendorong kita mengulang perilaku menyenangkan tersebut.

d. Perubahan Cuaca
Cuaca dapat mempengaruhi mood seseorang. Seseorang yang kurang terpapar sinar matahari bisa mengalami penurunan kadar serotonin dalam tubuh, yaitu hormon yang memengaruhi suasana hati.Oleh karena itu, seseorang yang berada di musim dingin atau hujan bisa mengalami perubahan suasana hati yang tak menentu. Adapun kondisi ini sering disebut dengan seasonal affective disorder (SAD), yaitu jenis depresi yang dipicu oleh musim.

e. Efek Samping Obat
Mood swing juga bisa terjadi karena efek samping dari penggunaan obat-obatan tertentu, seperti kortikosteroid (prednison). Tak hanya itu, mengonsumsi alkohol secara berlebihan juga bisa menjadi salah satu faktor munculnya perubahan suasana hati yang tak menentu.

Lantas apa dampak mood swing bagi kesehatan mental seseorang? Mood swing yang berkepanjangan dapat memicu penyakit-penyakit mental lainnya, seperti :

a. Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)
Pengidap ADHD juga dapat mengalami perubahan suasana hati dengan begitu cepat atau mood swing. Banyak pengidap ADHD yang tidak terdiagnosis dengan cepat sehingga pengobatan cukup sulit untuk dilakukan. Seseorang yang mengalami kondisi ADHD harus mampu beradaptasi dengan kondisi kesehatannya. Namun, ketidakmampuan beradaptasi dapat mengakibatkan seseorang mengalami stress yang menyebabkan mood swing.

b.Gangguan Kepribadian Ambang atau Border Line Personality Syndrome (BPS)
Perubahan suasana hati atau mood swing yang dialami pengidap gangguan kepribadian ambang membuat pengidap tidak mampu untuk memelihara hubungan pribadi dan sosial dengan baik. Masalah sosial, akademis, ekonomi, dan hukum dapat muncul akibat mood swing yang tidak di atasi dengan baik.

c. Gangguan Bipolar
Gangguan bipolar adalah penyakit mental yang menyebabkan mood swing pada penderitanya. Penyakit ini ditandai dengan perubahan suasana hati dari fase depresi (sedih) ke mania (bahagia berlebihan) atau sebaliknya, hingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

d. Skizofrenia
Skizofrenia adalah gangguan jiwa yang serius di mana penderitanya tidak dapat menafsirkan realitas secara normal. Penderita kondisi ini kerap memiliki masalah dengan pikiran, perilaku, dan emosi, sehingga mood swing sering kali terjadi.

Adapun tanda-tanda seseorang yang mengalami mood swing antara lain:
  • Merasakan cemas atau kesedihan terus-menerus.
  • Mudah sekali marah dan tersinggung.
  • Sulit untuk fokus dan berkonsentrasi pada sesuatu serta tidak dapat membuat keputusan dengan baik.
  • Kehilangan minat pada aktivitas yang disenangi.
  • Perubahan nafsu makan dan berat badan, bisa menurun atau naik.
  • Kelelahan, merasa lesu, dan kurang berenergi, atau justru terlalu berenergi dan melakukan banyak aktivitas.
  • Perubahan kebiasaan tidur atau gangguan tidur.
  • Gegabah atau berperilaku tidak pantas.
  • Bicara dengan cepat.
  • Sulit memahami dan menyampaikan informasi.
  • Terkadang mengalami gejala fisik, seperti sakit kepala atau masalah pencernaan.
Lalu bagaimana cara mengatasi masalah mood swing? Beberapa cara yang disarankan oleh psikiater untuk mengatasi mood swing ialah:
  • Ikuti jadwal keseharian dengan teratur.
  • Rutin berolahraga, karena dapat meningkatkan produksi hormon endorfin yang bisa mengontrol stress dan meningkatkan mood.
  • Pastikan tidur yang cukup setiap hari.
  • Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, serta menghindari makanan manis, alkohol, dan kafein.
  • Cari cara untuk mengontrol stress, seperti yoga, meditasi atau membaca buku dan mendengarkan musik.
  • Berkonsultasi ke psikiater atau psikolog dan berbicara dengan orang yang dipercaya.
Penulis    : Muhammad Aqli

Redaktur : Ari Rahmad Nawawi

Referensi : alodokter.com,hellosehat.com, dan halodoc.com

KOMENTAR

Nama

Artikel,18,Berita,97,Berita Kampus,60,Berita Khusus,6,Fiksi,23,FILM,13,kajian keislaman,17,Opini,27,Puisi,19,resensi buku,14,
ltr
item
PERSMA AL-MUMTAZ: MENGENAL APA ITU MOOD SWING
MENGENAL APA ITU MOOD SWING
https://1.bp.blogspot.com/-fTBcC6AKAuc/YTnvYSvKBFI/AAAAAAAABnk/zHaFVtavB1gcdDtuHUknARXnioVeazerACLcBGAsYHQ/s320/MOOD%2BSWING%2BPIC.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-fTBcC6AKAuc/YTnvYSvKBFI/AAAAAAAABnk/zHaFVtavB1gcdDtuHUknARXnioVeazerACLcBGAsYHQ/s72-c/MOOD%2BSWING%2BPIC.jpg
PERSMA AL-MUMTAZ
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/09/mengenal-apa-itu-mood-swing.html
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/09/mengenal-apa-itu-mood-swing.html
true
2107564355454311192
UTF-8
Loaded All Posts tidak menemukan posts LIHAT SEMUA Baca Semua Balas Batal Balas HAPUS OLEH BERANDA HALAMAN POSTS LIHAT SEMUA REKOMENDASI PEMBACA LABEL ARCHIVE PENCARIAN SEMUA BERITA Tidak menemukan pos yang cocok dengan permintaan Anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des saat ini 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy