BEBERAPA KEUTAMAAN SHOLAT DHUHA

Pernah kah Anda mendengar apa itu sholat sunnah dhuha? Sholat Dhuha adalah sholat sunnah yang di lakukan di waktu dhuha. Lantas apa itu waktu dhuha. Waktu dhuha adalah waktu dimana waktu tersebut menunjukkan matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbit (di perkirakan pada pukul enam atau tujuh pagi). Hukum mengerjakan sholat dhuha adalah sunnah muakkadah atau dengan kata lain sangat di anjurkan. Adapun batas waktu pengerjaan sholat dhuha adalah 15 menit sebelum memasuki waktu sholat dzuhur. Mengingat status sholat dhuha adalah sunnah muakkadah tentunya sholat ini sendiri memiliki banyak manfaat tersembunyi bagi umat islam yang belum mengetahuinya. Diantaranya ialah :

1. Di Ampuni Segala Dosa

Terdapat dalam sebuah hadis yang menjelaskan bahwa melaksanakan sholat dhuha dapat menghapus dosa-dosa yang di lakukan, baik yang di sengaja maupun yang tidak di sengaja.

Siapa saja yang membiasakan (menjaga) sholat dhuha, dosanya akan di ampuni meskipun sebanyak buih di lautan” (HR.At-Tarmidzi).

Dari adanya hadis di atas, maka dapat di pahami, melakukan sholat dhuha secara terus menerus dan konsisten bisa menjadi perantara bagi Allah untuk mengampuni dosa hamba-hamba-Nya, meskipun dosa itu sebanyak buih di lautan.

2. Di Buatkan Rumah di Surga

Merujuk dari kata ‘surga’, surga merupakan tempat ternyaman bagi seluruh mahluk setelah kematian tiba menjemput ajal masing-masing orang dan tentunya surga menjadi salah satu tempat yang ingin di capai oleh semua mahluk Allah tanpa terkecuali. Seperti yang terdapat dalam hadis berikut bahwa melalui sholat dhuha, maka Allah akan membuatkan rumah bagi umat yang mengerjakannya :

Dan barang siapa mengerjakan sholat dhuha dua belas rakaat, maka Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah di surga” (HR. At-Thabrani).

3. Di Cukupkan Rezeki Oleh Allah

Seperti yang sering kali di dengar oleh kita selama ini di lingkungan masyarakat, bahwa rezeki sudah ada yang mengatur. Terlepas dari itu rezeki tidak hanya bersifat hal yang berkaitan dengan ekonomi saja, melainkan rezeki juga bisa dalam bentuk kesehatan, umur yang panjang, keluarga yang lengkap, tetangga yang baik, serta ilmu materi yang di dapat dalam satu hari pun termasuk rezeki yang Allah berikan kepada umat-Nya. Banyak dari kita yang seringkali meminta kecukupan rezeki. Meminta rezeki tidaklah salah bagi manusia yang sedang membutuhkan. Meminta rezeki bisa melalui perantara yaitu dengan melaksanakan sholat dhuha. Seperti yang di katakan oleh salah satu hadis berikut :

Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya akan aku cukupkan untukmu (rezeki) di sepanjang hari itu” (HR. Ahmad).

4. Di Lindungi dari Segala Keburukan

Tidak hanya di jadikan sebagai media untuk meminta rezeki kepada Allah, sholat dhuha juga dapat menjauhkan segala keburukan yang bisa datang kapan saja dan dimana saja. Orang yang menjalankan sholat dhuha secara rutin akan di janjikan pahala dan surga oleh Allah swt. Seperti yang di sebutkan oleh salah satu hadis yang berbunyi :

Barang siapa yang sholat dhuha dua rakaat, maka dia tidak akan di tulis sebagai orang yang lalai. Barang siapa yang mengerjakannya sebanyak empat rakaat, maka dia di tetapkan termasuk orang-orang yang ahli ibadah. Barang siapa yang mengerjakan enam rakaat, maka di selamatkan di hari itu. Barang siapa mengerjakan delapan rakaat, maka Allah tulis sebagai orang yang taat. Dan barang siapa yang mengerjakan dua belas rakaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya”. (HR.At-Thabrani).

Penulis    : Ari Rahmad Nawawi

Referensi :





KOMENTAR

Nama

Artikel,18,Berita,97,Berita Kampus,60,Berita Khusus,6,Fiksi,23,FILM,13,kajian keislaman,17,Opini,27,Puisi,19,resensi buku,14,
ltr
item
PERSMA AL-MUMTAZ: BEBERAPA KEUTAMAAN SHOLAT DHUHA
BEBERAPA KEUTAMAAN SHOLAT DHUHA
https://1.bp.blogspot.com/-eezL0AhRIFc/YTi0LZN6T5I/AAAAAAAABnU/UXxIwWZjAtwoUo4jxY7s-M8XNVuWd6ZXgCLcBGAsYHQ/s320/sholat%2BDhuha%2Bpic.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-eezL0AhRIFc/YTi0LZN6T5I/AAAAAAAABnU/UXxIwWZjAtwoUo4jxY7s-M8XNVuWd6ZXgCLcBGAsYHQ/s72-c/sholat%2BDhuha%2Bpic.jpg
PERSMA AL-MUMTAZ
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/09/beberapa-keutamaan-sholat-dhuha.html
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/09/beberapa-keutamaan-sholat-dhuha.html
true
2107564355454311192
UTF-8
Loaded All Posts tidak menemukan posts LIHAT SEMUA Baca Semua Balas Batal Balas HAPUS OLEH BERANDA HALAMAN POSTS LIHAT SEMUA REKOMENDASI PEMBACA LABEL ARCHIVE PENCARIAN SEMUA BERITA Tidak menemukan pos yang cocok dengan permintaan Anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des saat ini 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy