ORGANISASI MAHASISWA KOK MELUPAKAN MAHASISWA???

Tatkala masa pembayaran UKT banyak mahasiswa mengeluh belum bisa membayar UKT karena dampak dari pandemi Covid-19, lantas pada siapakah mereka mengadu?

Di sinilah seharusnya organisasi mahasiswa (ORMAWA) hadir untuk merangkul dan membantu rekan sejawatnya sesama mahasiswa yang tak tersentuh dan terdengar oleh pihak kampus. Memang perkara UKT ini mungkin terlihat sepele namun akan berdampak besar bagi mereka yang sangat bersungguh-sungguh dalam berkuliah. Maka dari itu besar harapan saya organisasi mahasiswa yang berperan sebagai perpanjangan tangan pihak kampus terhadap mahasiswa yang mengalami kendala-kendala dalam berkuliah.

Namun senampak dan sepengalaman saya selama ini, saya pribadi menilai organisasi mahasiswa khususnya organisasi mahasiswa di IAIN Palangka Raya sudah tidak hadir dan minim perduli akan hal demikian, bermedia untuk menjembatani mahasiswa dengan pihak kampus mereka, terlalu fokus untuk bagaimana ormawa itu berjalan dan berdampak terhadap sesama pengurus dan masyarakat di luar kampus agar terlihat eksis dan dipandang baik, namun mereka lupa dengan rekan sejawatnya yang tidak ikut organisasi kemahasiswaan.

Saya yakin sebagian besar dari mereka pengurus ormawa itu tidak tahu bahwa banyak rekan sejawatnya sesama mahasiswa luntang-lantung kebingungan dan sedang membutuhkan bantuan sebab mereka terlena dalam fantasi bereksistensi yang membutakan pandangan mereka terhadap kerabat sesama mahasiswa yang tak ikut organisasi, ibarat pepatah “semut di seberang laut keliatan, sedangkan gajah di pelupuk mata tak keliatan.”

Saya terkadang termenung melihat keadaan organisasi mahasiswa saat ini, mereka terlalu asik mencari eksistensi namun melupakan esensi dari hadirnya organisasi kemahasiswaan. Seakan mereka melupakan khittah-nya sebagai sebuah wadah untuk sesama mahasiswa saling bahu-membahu dan tolong-menolong. Seyogianya organisasi mahasiswalah yang terdepan dalam menjadi wadah untuk mengadukan dan mengaspirasikan perkara-perkara yang menghambat mahasiswa berkuliah, bukan yang terdepan untuk terlihat eksis dan aktif. 

Tujuan dari tulisan ini ialah agar kalian para pengurus organisasi mahasiswa tidak melupakan rekan sejawat kita yang tidak ikut organisasi, sesama mahasiswa yang tak tersentuh dan tak terdengar rintihan tangisnya oleh pihak kampus yang sedang memerluan uluran tangan kita. Ibarat sebuah keluarga, untuk apa kita membantu dan membahagiakan orang lain sedangkan kita sendiri lupa dengan keluarga terdekat kita yang membutuhkan bantuan. Kita boleh eksis namun jangan sampai terlena dalam dunia eksistensi yang membutakan mata dan hati nurani terhadap lingkungan terdekat kita.

Penulis    : Muhammad Aqli Setiawan (Mahasiswa KPI, semester 5)

Redaktur : Rina Khafizah 

 

KOMENTAR

Nama

Artikel,18,Berita,97,Berita Kampus,60,Berita Khusus,6,Fiksi,23,FILM,13,kajian keislaman,17,Opini,27,Puisi,19,resensi buku,14,
ltr
item
PERSMA AL-MUMTAZ: ORGANISASI MAHASISWA KOK MELUPAKAN MAHASISWA???
ORGANISASI MAHASISWA KOK MELUPAKAN MAHASISWA???
https://lh3.googleusercontent.com/-nrdMTd9YmkQ/YR-3G071vwI/AAAAAAAABlc/EX34xDIfq44Ayefe9c5-Kj2isr6w_VTFACLcBGAsYHQ/image.png
https://lh3.googleusercontent.com/-nrdMTd9YmkQ/YR-3G071vwI/AAAAAAAABlc/EX34xDIfq44Ayefe9c5-Kj2isr6w_VTFACLcBGAsYHQ/s72-c/image.png
PERSMA AL-MUMTAZ
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/08/organisasi-mahasiswa-kok-melupakan.html
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/08/organisasi-mahasiswa-kok-melupakan.html
true
2107564355454311192
UTF-8
Loaded All Posts tidak menemukan posts LIHAT SEMUA Baca Semua Balas Batal Balas HAPUS OLEH BERANDA HALAMAN POSTS LIHAT SEMUA REKOMENDASI PEMBACA LABEL ARCHIVE PENCARIAN SEMUA BERITA Tidak menemukan pos yang cocok dengan permintaan Anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des saat ini 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy