PENGAMATAN MAHASISWA DI TAMAN NASIONAL SEBANGAU, KALTENG

Persma Al-Mumtaz- Sejumlah mahasiswa dari latar belakang perguruan tinggi yang berbeda-beda melakukan pengamatan terkait keadaan sosial masyarakat di kawasan penyangga (Buffer Zone), Taman Nasional Sebangau (dermaga Kereng Bangkirai dan di sekitar sungai Koran, Resort sebangau Hulu) baik dari perihal  sejarah, pendidikan, ekonomi, permasalahan yang di hadapi oleh masyarakatnya, serta pengamatan terkait keanekaragaman hayati apa saja yang ada di Taman Nasional Sebangau baik berupa Flora dan Fauna.

Pengamatan ini di lakukan oleh Tim Lewu, dimana tim ini adalah tim yang di bentuk dari kolaborasi Mahasiswa dari latar belakang perguruan tinggi yang berbeda-beda. Tim Lewu sendiri beranggotakan :

  • Fitriani Sinaga dari Universitas Mulawarman, bertugas untuk mengamati keanekaragaman hayati yang ada;
  • Rahmalia dari Universitas Palangka Raya, bertugas untuk mengamati keanekaragaman hayati yang ada ;
  • Iqbal dari Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, bertugas mengamati keadaan dan situasi sosial, pendidikan, dan ekonomi masyarakat dan;
  •  Achmad Zaki Abrori dari IAIN Palangka Raya, bertugas untuk melakukan dokumentasi sekaligus pembuatan mini film dokumenter.

Pengamatan ini bekerja sama dengan pihak Balai Taman Nasional Sebangau (BTNS) sebagai instansi yang memberikan Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (SIMAKSI) kepada Tim Lewu, dimana pihak BTNS sebatas memberikan dampingan di lapangan. Pengamatan ini di lakukan selama 7 hari,  terhitung sejak tanggal 2-8 Juli 2021.

Fitriyani mengungkapkan tujuan dari pengamatan ini antara lain untuk meningkatkan upaya konkret public awareness and support terkait pentingnya menjaga biodiversitas secara kolektif bersama masyarakat di areal Buffer Zone kawasan konservasi ; live in, dimana melebur dengan masyarakat setempat sembari mengamati keadaan serta kondisi sosial masyarakat di sekitar Buffer Zone atau sekitar hutan konservasi ; bersama-sama mengedukasi dan memberi informasi kepada mahasiswa dan masyarakat tentang isu konservasi dalam upaya untuk menjaga hutan lebih baik dan berkelanjutan. ”sekaligus juga merangkul dan kolaborasi antar pemuda/i yang peduli lingkungan khususnya konservasi, upaya untuk menjaga hutan lebih baik dan berkelanjutan” ucap Fitriani.

Tidak hanya itu, Achmad Zaki juga manambahkan tujuan dari adanya pengamatan ini untuk memberi ruang dan wadah ekspresi untuk  Mahasiswa dalam menuangkan gagasan dan pengetahuan tentang konservasi dalam sebuah artikel, laporan pengamatan Taman Nasional Sebangau, buku ber-ISBN dan “Short Movie Conservation Education”. “memberi referensi kepada pemerintah dan pemangku kepentingan untuk pengambilan kebijakan dengan gagasan yang di kemukakan oleh Mahasiswa sebagai generasi pemikir dan penerus bangsa”  tutup Achmad.

Dalam hal publikasi, Program Mamangun Mahaga Lewu dipublikasikan oleh media Nasional seperti Kalteng Today, Kalteng Pos Group, Dayak TV, Mongabay Indonesia, Tempo, dll.

Tim Lewu berharap dari adanya pengamatan ini masyarakat Palangka Raya, khususnya Kereng Bangkirai tetap membersamai menjaga hutan konservasi, mengingat Taman Nasional Sebangau adalah sandaran hidup masyarakat Kereng Bangkirai, sehingga keberadaan nya dapat berkolaborasi lagi untuk keberlanjutannya dengan anak muda di Palangka Raya, baik itu individu maupun komunitas-komunitas anak muda yang spesifik di bidang literasi maupun komunitas untuk aktivitas lingkungan dan lembaga lainnya.

Penulis          : Ari Rahmad Nawawi

Redaktur       : Abdul Rohman

KOMENTAR

Nama

Artikel,19,Berita,97,Berita Kampus,72,Berita Khusus,7,Fiksi,23,FILM,13,kajian keislaman,17,Opini,27,Puisi,19,resensi buku,14,
ltr
item
PERSMA AL-MUMTAZ: PENGAMATAN MAHASISWA DI TAMAN NASIONAL SEBANGAU, KALTENG
PENGAMATAN MAHASISWA DI TAMAN NASIONAL SEBANGAU, KALTENG
https://1.bp.blogspot.com/-KG2RqO82KHA/YPLEnPo7wbI/AAAAAAAABkk/HU5KLGgQpHEQPiyKjGsLMZviiG_RarcQACLcBGAsYHQ/s320/PENELITIAN%2BMAHASISWA%2BPIC%2B.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-KG2RqO82KHA/YPLEnPo7wbI/AAAAAAAABkk/HU5KLGgQpHEQPiyKjGsLMZviiG_RarcQACLcBGAsYHQ/s72-c/PENELITIAN%2BMAHASISWA%2BPIC%2B.jpg
PERSMA AL-MUMTAZ
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/07/pengamatan-mahasiswa-di-taman-nasional.html
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/07/pengamatan-mahasiswa-di-taman-nasional.html
true
2107564355454311192
UTF-8
Loaded All Posts tidak menemukan posts LIHAT SEMUA Baca Semua Balas Batal Balas HAPUS OLEH BERANDA HALAMAN POSTS LIHAT SEMUA REKOMENDASI PEMBACA LABEL ARCHIVE PENCARIAN SEMUA BERITA Tidak menemukan pos yang cocok dengan permintaan Anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des saat ini 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy