RESENSI BUKU “NEGERI 5 MENARA”

A.   Identitas Buku

Judul Buku               : Negeri 5 Menara
Penulis                      : Ahmad Fuadi
Tebal Buku               : 423 halaman
Penerbit                   : PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit             : 2009

B.   Sinopsis

Novel karya Ahmad Fuadi ini sudah di film kan. Tokoh utama di dalam novel ini adalah Alif. Ia lahir di Minangkabau. Sejak kecil, Ia mempunyai cita-cita menjadi seperti B. J. Habibie. Oleh karena itu, setelah SMP Ia berencana melanjutkan SMU di Padang. Ia berharap dapat kuliah di jurusan yang di inginkannya.

Amak Alif berkeinginan Ia menjadi penerus Buya Hamka. Hal ini membuat impian Alif kandas. Orang tuanya menawari untuk sekolah agama atau pergi ke pondok pesantren. Alif sempat kesal, namun Ia tidak ingin mengecewakan orang tuanya. Akhirnya, Ia masuk pondok. Pamannya memberi saran untuk masuk ke Pondok Pesantren modern Gontor di Jawa Timur.

Awalnya Alif menjalaninya dengan setengah hati, namun akhirnya Ia tetap ingin melanjutkan di pondok posantren karena mendengar kalimat bahasa Arab “Man Jadda Wajada” yang artinya adalah barang siapa bersungguh-sungguh pasti bisa.

Di pondok, Ia memiliki teman baru yang berasal dari berbagai daerah. Mereka adalah Raja, Dulmajid, Said, Atang dan Baso. Mereka menghabiskan waktu sehari-hari dengan hafalan Al-Qur’an, belajar bahasa Arab dan bahasa Inggris siang malam. Pada tahun pertama, mereka merasa berat namun tahun-tahun berikutnya mereka jalani dengan penuh warna dan pengalaman.

Suatu hari Baso keluar dari pondok, hal ini menggugah semangat Alif dan teman-temannya untuk segera lulus dan menjadi orang sukses serta mewujudkan impiannya untuk pergi ke benua Eropa dan Amerika.

Akhirnya, impian merekan terwujud. Alif berada di Amerika, Atang di Afrika, Raja di Eropa, Baso di Asia, Said dan Dulmajid di Indonesia.

C.   Kelebihan

Ceritanya menarik dan membuat pembaca penasaran untuk mengetahui lebih lanjut kehidupan di dunia pesantren. Di dalam novel ini banyak dijumpai motivasi. Pesan yang tersirat dalam novel ini adalah Anda dianjurkan untuk tidak meremehkan suatu impian karena Allah Maha Mendengar.

D.   Kekurangan

Bagian klimaks ceritanya kurang menonjol dan penjelasan mengenai kehidupan beberapa tokoh dalam novel tersebut kurang.

Penulis                      : Mutia Aisya

Redaktur                   : Ari Rahmad Nawawi

KOMENTAR

Nama

Artikel,17,Berita,96,Berita Kampus,56,Berita Khusus,6,Fiksi,23,FILM,13,kajian keislaman,16,Opini,26,Puisi,19,resensi buku,14,
ltr
item
PERSMA AL-MUMTAZ: RESENSI BUKU “NEGERI 5 MENARA”
RESENSI BUKU “NEGERI 5 MENARA”
https://1.bp.blogspot.com/-MBMKNeW6Xrs/YMnmWIC2E_I/AAAAAAAABiY/_AXwExb1z0kc0tZWrxdi4vdiC4kJzXXzACLcBGAsYHQ/s320/BUKU%2BNEGERI%2B5%2BMENARA.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-MBMKNeW6Xrs/YMnmWIC2E_I/AAAAAAAABiY/_AXwExb1z0kc0tZWrxdi4vdiC4kJzXXzACLcBGAsYHQ/s72-c/BUKU%2BNEGERI%2B5%2BMENARA.jpg
PERSMA AL-MUMTAZ
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/06/resensi-buku-negeri-5-menara.html
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/06/resensi-buku-negeri-5-menara.html
true
2107564355454311192
UTF-8
Loaded All Posts tidak menemukan posts LIHAT SEMUA Baca Semua Balas Batal Balas HAPUS OLEH BERANDA HALAMAN POSTS LIHAT SEMUA REKOMENDASI PEMBACA LABEL ARCHIVE PENCARIAN SEMUA BERITA Tidak menemukan pos yang cocok dengan permintaan Anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des saat ini 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy