LEGENDA JAKA TARUB

Legenda Jaka Tarub konon berasal dari desa Widodaren, kecamatan Gerih, Kabupaten Ngawi, di Provinsi Jawa Timur. Menurut legenda, nama desa Widodaren berasal dari kata bidadari yang diambil dari cerita Jaka Tarub dan 7 Bidadari ini.

Jaka Tarub adalah pemuda yang tampan. Dia sangat populer di desanya. Banyak gadis muda jatuh cinta padanya. Namun Jaka Tarub berpikir bahwa mereka tidak cukup cantik untuk menjadi istrinya.Itu lah sebab nya mengapa dia masih lajang. Dia ingin memiliki istri yang sangat cantik.

Seperti biasa Jaka Tarub pergi ke hutan untuk mengumpulkan kayu. Tiba-tiba dia mendengar suara dari air terjun. Dia penasaran, suara itu terdengar seperti banyak gadis sedang mandi di air terjun didalam hutan. Agak mengendap-endap, Jaka Tarub berjalan ke arah air terjun. Ketika dia tiba di sana, dia melihat tujuh gadis sangat cantik sedang mandi.

Dia benar-benar terpesona dengan kecantikan mereka. Setelah mereka selesai mandi, gadis-gadis itu perlahan mengambil selendang mereka. Hebatnya setelah mereka mengenakan selendang, mereka terbang ke langit.

“Mereka bukan manusia. Mereka Bidadari dari Kahyangan!” kata Jaka Tarub terkesima.

Setelah itu Jaka Tarub pulang. Dia sangat gelisah. Dia terus memikirkan tujuh gadis cantik itu.

Pada hari berikutnya, Jaka Tarub kemudian memutuskan untuk kembali ke air terjun. Ketika para Bidadari itu mandi, dia mencuri salah satu selendangnya. Dan itu membuat satu bidadari tidak bisa terbang kembali ke langit.

Dia menangis.

Jaka Tarub kemudian mendekatinya. “Ada apa? Kenapa kamu menangis?”

“Aku kehilangan selendangku. Aku tidak bisa kembali ke rumah. Semua saudariku telah meninggalkanku. Namaku Nawang Wulan. Aku akan memberimu apa pun jika kamu dapat menemukan syalku.” kata bidadari itu.

“Aku akan membantumu. Tetapi jika kita tidak dapat menemukannya, kamu bisa tinggal di rumahku. Kamu bisa menjadi istriku,” kata Jaka Tarub.

Kemudian Jaka Tarub berpura-pura mencari selendang. Dan tentu saja mereka tidak dapat menemukannya.

Setelah itu mereka pergi ke rumah Jaka Tarub. Kemudian mereka menikah. Mereka punya bayi perempuan. Mereka memiliki kehidupan yang bahagia. Mereka selalu punya cukup nasi untuk dimakan. Mereka tidak harus bekerja keras seperti tetangga mereka yang lain. Itu karena Nawang Wulan menggunakan sihirnya untuk memasak.

Suatu hari, Jaka Tarub bertanya kepada istrinya mengenai keanehan beras mereka yang tidak pernah habis. Nawang Wulan tidak memberitahunya rahasia itu dan memintanya untuk jangan pernah membuka tutup panci saat memasak.

Dia mengatakan bahwa jika Jaka Tarub membuka tutupnya, mereka harus bekerja keras untuk mendapatkan banyak nasi untuk dimasak.

Suatu hari, Jaka Tarub benar-benar ingin tahu. Dia kemudian membuka tutup panci memasak. Dia terjekut ketika melihat hanya ada beberapa butir beras untuk dimasak.Ketika Nawang Wulan sampai di rumah, dia tahu bahwa Jaka Tarub telah membuka tutupnya. Dia marah karena dia sudah kehilangan keajaiban dalam memasak. Sekarang dia harus mengambil nasi dalam porsi besar untuk dimasak. Perlahan-lahan cadangan beras mereka di tempat penyimpanan semakin berkurang.

Dan ketika Nawang Wulan ingin mengambil beras terakhir, dia menemukan selendangnya. Jaka Tarub menyembunyikan selendangnya di tempat penyimpanan beras.

Nawang Wulan sangat senang, sekaligus sedih. Dia kemudian berkata, “Aku akan pulang sekarang. Jaga putri kita. Ketika ada bulan purnama, bawa dia keluar dari rumah dan aku akan datang untuk menjemputnya.”

Nawang Wulan kemudian terbang ke langit.

Jaka Tarub sangat sedih.Dan untuk menepati janji, Jaka Tarub selalu pergi keluar rumah bersama putrinya saat bulan purnama. Namun Nawang Wulan tidak pernah kembali.

Nawang Wulan yang marah karena mengetahui bahwa suaminya adalah pencuri selendang miliknya akhirnya meninggalkan Jaka Tarub.Walaupun Jaka Tarub memohon istrinya agar tidak pulang ke kahyangan. Namun tekad Nawang Wulan sudah bulat.Hanya saja, pada waktu-waktu tertentu ia rela datang ke marcapada untuk menyusui bayi Nawangsih.

Setelah sekian lama Jaka Tarub kemudian menjadi pemuka desa bergelar Ki Ageng Tarub, dan bersahabat dengan Brawijaya Raja Majapahit. Pada suatu hari Brawijaya mengirimkan keris pusaka Kyai Mahesa Nular supaya dirawat oleh Ki Ageng Tarub.

Utusan Brawijaya yang menyampaikan keris tersebut bernama Ki Buyut Masahar dan Bondan Kejawan, anak angkatnya. Ki Ageng Tarub mengetahui kalau Bondan Kejawan sebenarnya putra kandung Brawijaya. Maka, pemuda itu pun diminta agar tinggal bersama di desa Tarub.

Sejak saat itu Bondan Kejawan menjadi anak angkat Ki Ageng Tarub, dan diganti namanya menjadi Lembu Peteng. Ketika Nawangsih tumbuh dewasa, keduanya pun dinikahkan.

Setelah Jaka Tarub meninggal dunia, Lembu Peteng alias Bondan Kejawan menggantikannya sebagai Ki Ageng Tarub yang baru. Nawangsih sendiri melahirkan seorang putra, yang setelah dewasa bernama Ki Getas Pandawa.

Ki Ageng Getas Pandawa kemudian memiliki putra bergelar Ki Ageng Sela, yang merupakan kakek buyut Panembahan Senapati, pendiri Kesultanan Mataram.

 

Penulis                                  : Aulia Wahyu Ranti

Redaktur                               : Ari Rahmad Nawawi

Referensi                              :

https://dongengceritarakyat.com/legenda-jaka-tarub/

https://id.wikipedia.org/wiki/Legenda_Jaka_Tarub/

 

  

KOMENTAR

Nama

Artikel,19,Berita,97,Berita Kampus,72,Berita Khusus,7,Fiksi,23,FILM,13,kajian keislaman,17,Opini,27,Puisi,19,resensi buku,14,
ltr
item
PERSMA AL-MUMTAZ: LEGENDA JAKA TARUB
LEGENDA JAKA TARUB
https://1.bp.blogspot.com/-oepx1W7h7S8/YMnkFxyyOpI/AAAAAAAABiI/ODxmFrjgsTE02ic1qfIwZCB6SOdSLaCGACLcBGAsYHQ/s320/LEGENDA%2BJAKA%2BTARUB.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-oepx1W7h7S8/YMnkFxyyOpI/AAAAAAAABiI/ODxmFrjgsTE02ic1qfIwZCB6SOdSLaCGACLcBGAsYHQ/s72-c/LEGENDA%2BJAKA%2BTARUB.jpg
PERSMA AL-MUMTAZ
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/06/legenda-jaka-tarub.html
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/06/legenda-jaka-tarub.html
true
2107564355454311192
UTF-8
Loaded All Posts tidak menemukan posts LIHAT SEMUA Baca Semua Balas Batal Balas HAPUS OLEH BERANDA HALAMAN POSTS LIHAT SEMUA REKOMENDASI PEMBACA LABEL ARCHIVE PENCARIAN SEMUA BERITA Tidak menemukan pos yang cocok dengan permintaan Anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des saat ini 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy