CARA MENANGGAPI BERITA HOAX

Hoax adalah kabar, informasi, berita palsu atau bohong. Dalam KBBI disebutkan bahwa arti hoax adalah berita bohong. Hoax merupakan informasi yang direkayasa untuk menutupi informasi sebenarnya. Dengan kata lain, arti hoax juga bisa didefinisikan sebagai upaya memutarbalikkan fakta menggunakan informasi yang seolah-olah meyakinkan tetapi tidak dapat diverifikasi atau dibuktikan kebenarannya.

 

Dengan mengetahui apa itu hoax maka sebagai seorang pembaca yang kritis tentunya Anda akan mengerti mengapa kita harus berhati-hati dalam merespon berita tersebut dan berikut beberapa cara menanggapi atau mengatasi berita hoax :

1. Hati-hati dengan judul provokatif

Berita hoax sering kali menggunakan judul sensasional yang provokatif, misalnya dengan langsung menudingkan jari ke pihak tertentu. Isi nya pun bisa di ambil dari berita media resmi, hanya saja diubah-ubah agar menimbulkan persepsi sesuai yang dikehendaki sang pembuat hoax. Jadi cermat lah dalam membaca berita yang memiliki judul yang provokatif, mungkin saja itu berita hoax.  Lebih baik dalam mengambil informasi dalam sebuah berita kita melihat atau membaca dari beberapa sumber terpercaya supaya tidak terkena berita yang hoax atau menjatuhkan sebuah lembaga, kelompok atau perorangan.

 

2.Cermati alamat situs

Untuk informasi yang diperoleh dari website atau mencantumkan link, cermati lah alamat URL situs yang dimaksud. Apabila berasal dari situs yang belum terverifikasi sebagai institusi pers resmi misalnya menggunakan domain blog maka informasinya bisa dibilang meragukan.Menurut catatan Dewan Pers, di Indonesia terdapat sekitar 43.000 situs di Indonesia yang mengklaim sebagai portal berita.

 

3. Periksa apakah itu fakta

Perhatikan dari mana berita berasal dan siapa sumbernya? Apakah dari institusi resmi seperti KPK atau Polri dan semacamnya ? Sebaiknya jangan cepat percaya apabila informasi berasal dari pegiat ormas, tokoh politik, atau pengamat. Perhatikan keberimbangan sumber berita. Jika hanya ada satu sumber, pembaca tidak bisa mendapatkan gambaran yang utuh. Sama seperti yang di jelaskan penulis di poin pertama carilah lebih dari satu sumber artikel atau berita, dengan begitu kita dapat mengetahui mana yang merupakan fakta dan opini dalam berita tersebut.

 

4.Cek keaslian foto

Di era teknologi digital saat ini, bukan hanya konten berupa teks yang bisa dimanipulasi melainkan juga konten lain berupa foto atau video. Ada kalanya pembuat berita palsu juga mengedit foto untuk memprovokasi pembaca. Cara untuk mengecek keaslian foto bisa dengan memanfaatkan mesin pencari Google, yakni dengan melakukan drag-and-drop ke kolom pencarian Google Images. Hasil pencarian akan menyajikan gambar-gambar serupa yang terdapat di internet sehingga bisa kita bandingkan.

 

5. Ikut serta grup diskusi anti-hoax

Ini merupakan cara yang bisa dibilang paling ampuh untuk mengetahui suatu berita itu hoax atau tidak, adapun Anda sekalian dapat mencari grup-grup anti hoax contohnya di Facebook. Facebook terdapat banyak fanpage dan grup diskusi anti hoax, misalnya Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax (FAFHH), Fanpage & Group Indonesian Hoax Buster, Fanpage Indonesian Hoaxes, grup sekoci dan banyak lagi grup-grup anti hoax di platform lain yang tidak dapat penulis sebutkan.

 

6. Tidak menyebarkan sebuah berita sebelum mengetahui kebenaran berita tersebut

Mungkin banyak dari kalian yang ingin langsung menyebarkan sebuah berita karena cemas atau ingin menginfokannya secara langsung ke keluarga, teman atau orang-orang yang  Anda sayangi, namun lebih baik sebelum menyebarkan sebuah berita cari dulu kebenaran nya dan ingat carilah dari beberapa sumber berbeda jangan hanya fokus ke satu sumber saja.

 

7. Melaporkan berita Hoax

Jika menemukan berita hoax yang telah tersebar luas dan mengandung bahaya maka segera laporkan berita tersebut. Berita yang disebar melalui media sosial, bisa dilaporkan melalui fitur Report pada postingan atau komentar yang melanggar.Anda juga bisa mengadukan berita hoax ke Kementerian Komunikasi dan Informatika, dengan mengirimkan e-mail ke alamat aduankonten@mail.kominfo.go.id.

 

Penulis                      : Muhammad Aqli

Redaktur                   : Ari Rahmad Nawawi

Referensi                  : merdeka.com, kominfo.co.id, galuh.id.

KOMENTAR

Nama

Artikel,16,Berita,95,Berita Kampus,54,Berita Khusus,6,Fiksi,21,FILM,11,kajian keislaman,15,Opini,26,Puisi,19,resensi buku,13,
ltr
item
PERSMA AL-MUMTAZ: CARA MENANGGAPI BERITA HOAX
CARA MENANGGAPI BERITA HOAX
https://1.bp.blogspot.com/-VUvpAzZ3eoY/YMC1rSwg_GI/AAAAAAAABho/qbU3nahnhxc6Gi_jI8gLsOrldxUFm-Z_wCLcBGAsYHQ/s320/BERITA%2BHOAX%2BPIC.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-VUvpAzZ3eoY/YMC1rSwg_GI/AAAAAAAABho/qbU3nahnhxc6Gi_jI8gLsOrldxUFm-Z_wCLcBGAsYHQ/s72-c/BERITA%2BHOAX%2BPIC.jpg
PERSMA AL-MUMTAZ
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/06/cara-menanggapi-berita-hoax.html
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/06/cara-menanggapi-berita-hoax.html
true
2107564355454311192
UTF-8
Loaded All Posts tidak menemukan posts LIHAT SEMUA Baca Semua Balas Batal Balas HAPUS OLEH BERANDA HALAMAN POSTS LIHAT SEMUA REKOMENDASI PEMBACA LABEL ARCHIVE PENCARIAN SEMUA BERITA Tidak menemukan pos yang cocok dengan permintaan Anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des saat ini 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy