CARA MENJAGA KESEHATAN DALAM ISLAM

Tidak ada sesuatu yang begitu berharga selain kesehatan. Karenanya, hamba Allah hendaklah bersyukur atas kesehatan yang di milikinya dan tidak bersikap kufur. Nabi saw. bersabda, “Ada dua anugerah yang karenanya banyak manusia tertipu, yaitu kesehatan yang baik dan waktu luang.” (HR. Bukhari)

Di antara ucapan-ucapan bijaksana Nabi Dawud as ada­lah sebagai berikut, “Kesehatan adalah kerajaan yang tersembunyi.” Juga. “Kesedihan sesaat membuat orang jadi lebih tua satu tahun.” Juga, “Kesehatan adalah mahkota di kepala orang-orang yang sehat, yang hanya bisa dilihat oleh orang-orang yang sakit.” Dan juga, “Kesehatan adalah harta karun yang tak terlihat.”

Kesehatan merupakan aset yang berharga bagi manusia, semua orang mendamba-dambakan akan tubuh yang sehat dan kuat. Maka dari itu setiap orang mempunyai pola tersendiri dalam menjaga kesehatannya. Begitu pun Islam yang mempunyai aturan dalam menjaga kesehatan umatnya, tidak hanya menjaga kesehatan tetapi juga seluruh aktivitas umatnya telah diatur dengan baik. Oleh sebab itu hendaknya kita sebagai umat Islam mengikuti aturan dalam menjaga kesehatan. Berikut cara menjaga kesehatan dalam Islam yaitu:

Pertama; Mengatur Pola Makan dan Minum
Dalam ilmu kesehatan atau gizi disebutkan, makanan adalah unsur terpenting untuk menjaga kesehatan. Kalangan ahli kedokteran Islam menyebutkan, makan yang halalan dan thayyiban. Al-Quran berpesan agar manusia memperhatikan yang dimakannya, seperti ditegaskan dalam ayat: “maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanan nya”.(QS. ‘Abasa 80 : 24 ).
 
Dianjurkan memilih makanan yang halal dan thayyib (baik). Artinya apa yang kita makan harus memperhatikan kehalalannya dan baik untuk tubuh agar apa yang kita makan menjadi berkah dan diridhai oleh Allah SWT.
 
Dan juga dianjurkan untuk makan tidak berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Sebab makan yang tidak berlebihan dan dengan cara duduk merupakan cara menjaga kesehatan untuk lambung.
 
Dalam makan, islam menganjurkan untuk makan sebelum kita lapar dan berhenti makan sebelum kenyang. Karena menurut kepercayaan islam bahwa perut kita dibagi menjadi tiga bagian, pertama bagian perut untuk makanan, kedua bagian perut untuk udara, ketiga bagian perut untuk air. Dengan menyeimbangkan tiga unsur itu di dalam perut maka kita akan menemukan kesehatan.
 
Kedua; Keseimbangan Beraktivitas dan Istirahat
Islam juga memberikan hak badan, sesuai dengan fungsi dan daya tahannya, sesuai anjuran Nabi: Bahwa badanmu mempunyai hak.
 
Islam mengatur cara hidup umatnya agar seimbang antara dunia dan akhirat, karena selain rohani yang perlu kita jaga, jasmani juga seharusnya dijaga yaitu dengan tidur yang cukup, istirahat yang cukup agar anggota badan bisa menjalankan aktivitas serta melaksanakan ibadahnya.
 
Di sisi lain, Islam melarang membebani badan melebihi batas kemampuannya, seperti melakukan begadang sepanjang malam, melaparkan perut berkepanjangan sekalipun maksudnya untuk beribadah, seperti tampak pada tekad sekelompok Sahabat Nabi yang ingin terus menerus shalat malam dengan tidak tidur, sebagian hendak berpuasa terus menerus sepanjang tahun, dan yang lain tidak mau ‘menggauli’ istrinya.
 
Ketiga; Olahraga sebagai Upaya Menjaga Kesehatan
Aktivitas terpenting untuk menjaga kesehatan dalam ilmu kesehatan adalah melalui kegiatan berolahraga. Tujuan utama olahraga adalah untuk mempertinggi kesehatan yang positif, daya tahan, tenaga otot, keseimbangan emosional, efisiensi dari fungsi-fungsi alat tubuh, dan daya ekspresif serta daya kreatif. Dengan melakukan olahraga secara bertahap, teratur, dan cukup akan meningkatkan dan memperbaiki kesegaran jasmani, menguatkan dan menyehatkan tubuh. Dengan kesegaran jasmani seseorang akan mampu beraktivitas dengan baik.
 
Keempat; Anjuran Menjaga Kebersihan
Ajaran Islam sangat memperhatikan masalah kebersihan yang merupakan salah satu aspek penting dalam ilmu kedokteran. Dalam terminologi Islam, masalah yang berhubungan dengan kebersihan disebut dengan al-Thaharat. Dari sisi pandang kebersihan dan kesehatan, al-Thaharat merupakan salah satu bentuk upaya preventif, berguna untuk menghindari penyebaran berbagai jenis kuman dan bakteri.
 
Thaharat menjadi dua, yaitu lahiriah dan rohani. Kesucian lahiriah meliputi kebersihan badan, pakaian, tempat tinggal, jalan dan segala sesuatu yang dipergunakan manusia dalam urusan kehidupan. Sedangkan kesucian rohani meliputi kebersihan hati, jiwa, akidah, akhlak, dan pikiran. Dan juga dalam Islam “Kebersihan merupakan sebagian dari pada iman”
 
Imam al-Suyuthi, ‘Abd al-Hamid al-Qudhat, dan ulama yang lain menyatakan, dalam Islam menjaga kesucian dan kebersihan termasuk bagian ibadah sebagai bentuk qurbat, bagian dari ta’abbudi, merupakan kewajiban, sebagai kunci ibadah, Nabi bersabda: “Dari ‘Ali ra., dari Nabi saw, beliau berkata: “Kunci shalat adalah bersuci” (HR Ibnu Majah, al-Turmudzi, Ahmad, dan al-Darimi)

Kelima, Biasakan Jalan Kaki
Berjalan kaki bukan hanya anjuran menjaga kesehatan dalam islam, banyak para ahli kesehatan yang juga menganjurkannya. Nabi Muhammad SAW terkenal suka berjalan kaki, baik ke masjid, rumah sahabat, maupun pergi berjihad. Dengan berjalan kaki akan membuat keringat kita keluar, kemudian pori-pori kita akan terbuka, aliran darah juga lebih lancar, dan pastinya akan membuat tubuh kita lebih sehat.

Keenam, Tidak Gampang Marah
Nabi Muhammad SAW pernah memberikan nasihat jangan marah. Kata tersebut diulangi selama tiga kali. Hal ini menunjukan bahwa pentingnya untuk menjaga emosi dalam islam, dan menunjukan bahwa kekuatan dan kesehatan seorang muslim tidak hanya ditentukan oleh tubuhnya tapi juga emosi, dan jiwanya.
Ada cara yang tepat untuk mengatasi rasa marah, yaitu dengan mengubah posisi tubuh kita ketika sedang marah. Ketika Anda sedang marah pada posisi berdiri cobalah untuk duduk, kemudian jika Anda marah dalam posisi duduk cobalan untuk berbaring. Marah itu berasal dari setan dan setan terbuat dari api jadi Anda bisa mengambil wudhu kemudian sholat sunah atau wajib untuk menenangkan diri.

Ketujuh, istiqomah melakukan puasa sunnah
Ada beberapa puasa sunnah yang beliau anjurkan, seperti Senin Kamis, puasa Daud, puasa enam hari di bulan Syawal dan sebagainya. puasa adalah perisai terhadap berbagai macam penyakit jasmani maupun rohani. Puasa sangat ampuh untuk detoksifikasi atau pembersihan racun dalam tubuh.
 
Seperti sabda Rasulullah dalam suatu hadis yang berbunyi;
"Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah dari pada Mukmin yang lemah."

Maksud dari hadis di atas adalah badan yang kuat dan sehat juga diperlukan untuk beribadah dan melakukan ketaatan. Sehingga kita meniatkan membuat badan sehat adalah agar bisa melakukan ibadah, ketaatan dan berbagai kebaikan.
 
Penulis            : Nova Fitriani
Redaktur         : Ari Rahmad Nawawi
Referensi        :
https://www.brilio.net/wow/dalil-dan-hadits-tentang-kesehatan-cara-menjaganya-menurut-islam-200512a.html
https://www.islampos.com/cara-rasulullah-menjaga-kesehatan-37983/
https://kalbar.kemenag.go.id/id/opini/cara-menjaga-kesehatan-dalam-islam
https://library.unusa.ac.id/2015/02/26/pentingnya-menjaga-kesehatan-menurut-islam/

KOMENTAR

Nama

Artikel,16,Berita,95,Berita Kampus,54,Berita Khusus,6,Fiksi,21,FILM,11,kajian keislaman,15,Opini,26,Puisi,19,resensi buku,13,
ltr
item
PERSMA AL-MUMTAZ: CARA MENJAGA KESEHATAN DALAM ISLAM
CARA MENJAGA KESEHATAN DALAM ISLAM
https://1.bp.blogspot.com/-kz10qqPEVn4/YHJeUr3u-RI/AAAAAAAABgA/n9PG9lyexr0mrvOzrBDCPruaYoFlWjD1wCLcBGAsYHQ/s320/KESEHATAN%2BPIC.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-kz10qqPEVn4/YHJeUr3u-RI/AAAAAAAABgA/n9PG9lyexr0mrvOzrBDCPruaYoFlWjD1wCLcBGAsYHQ/s72-c/KESEHATAN%2BPIC.jpg
PERSMA AL-MUMTAZ
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/04/cara-menjaga-kesehatan-dalam-islam.html
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/04/cara-menjaga-kesehatan-dalam-islam.html
true
2107564355454311192
UTF-8
Loaded All Posts tidak menemukan posts LIHAT SEMUA Baca Semua Balas Batal Balas HAPUS OLEH BERANDA HALAMAN POSTS LIHAT SEMUA REKOMENDASI PEMBACA LABEL ARCHIVE PENCARIAN SEMUA BERITA Tidak menemukan pos yang cocok dengan permintaan Anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des saat ini 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy