APA ITU INTROVERT?

1.    Pengertian introvert

Dikutip dari very well mind, Introvert bisa dibilang merupakan seseorang yang memiliki jenis kepribadian introversion. Mereka biasanya dikenal sebagai seseorang yang lebih fokus pada pikiran, perasaan, serta suasana hati dalam dirinya, ketimbang fokus dengan hal di luar dirinya. Introversion sendiri diperkenalkan oleh Carl Jung, seorang pencetus psiko analisis dalam big five theory of personality nya. Jenis kepribadian ini memiliki lawan kata yaitu extraversion. Yaitu seseorang yang dikenal memiliki sifat terbuka, mudah bergaul, menyenangkan, sampai antusias ketika bertemu dengan orang baru.

 

Orang-orang yang introvert cenderung lebih pendiam, tenang, dan lebih luwes dalam menilai dirinya sendiri (introspektif). Namun perlu diingat, kepribadian introvert tidak sama dengan pemalu atau memiliki gangguan kecemasan sosial. Pemilik kepribadian introvert masih bisa berinteraksi dengan baik bersama orang lain. Hanya saja, setelah menghabiskan waktu berkumpul dengan banyak orang, seseorang yang introvert akan membutuhkan waktu menyendiri untuk kembali mengembalikan energinya.

 

2. Ciri-ciri kepribadian introvert

A. Merasa berkumpul dengan banyak orang menguras energi.

B. Senang dengan kesendirian.

C. Lingkaran pertemanan dekatnya tidak terlalu besar.

D. Sering dianggap pendiam oleh orang lain.

E. Sangat sadar akan perbuatan serta sikap diri sendiri.

F. Lebih memilih profesi yang menawarkan kebebasan.

G. Lebih senang mempelajari sesuatu secara visual.

H. Ide-ide cemerlang muncul saat sedang sendiri.

I. Tidak merasa harus mengetahui tren terbaru.

J. Sering terlihat bengong.

 

3. Keistimewaan kepribadian introvert

A. Pemimpin yang Bijak

Menurut penelitian di Wharton School of The University of Pennsylvania, Amerika Serikat, para pemimpin introvert sering kali menghasilkan kinerja yang lebih baik ketimbang ekstrovert. Sebab, ketika mereka mengolah karyawan yang proaktif, mereka akan cenderung membiarkan karyawan itu mengemukakan ide-ide mereka.

 

B. Pendengar yang Baik

Menurut Dr Laurie Helgoe, penulis Introvert Power: Why Your Inner Life Is Your Hidden Strength, seorang introvert memproses informasi secara internal. Keterampilan itu memungkinkan mereka untuk mendengar, memahami, dan memberikan wawasan yang dipertimbangkan dengan saksama ketika mereka merespon.

 

C. Observasi yang jeli

Selain kemampuan mendengar yang superior, orang introvert juga memiliki keterampilan yang cakap dalam hal observasi. Kata Beth Buelow, penulis The Introvert Entrepreneur: Amplify Your Strengths and Create Success on Your Own Terms, meski mereka hanya duduk diam selama rapat, sebenarnya introvert berendam dalam informasi yang disajikan dan berpikir kritis. Orang introvert biasanya juga menggunakan sifatnya yang jeli untuk membaca ruangan. Mereka lebih cenderung memperhatikan bahasa tubuh dan ekspresi wajah orang. Inilah yang membuat mereka lebih baik dalam komunikasi antar-pribadi.

 

D. Seorang Teman yang Berkualitas

Alih-alih berteman dengan banyak orang yang mereka ajak bicara, banyak introvert akan memfokuskan energinya untuk memperkuat koneksi dengan orang yang sudah dikenalnya. Introvert justru akan merasa kelelahan dan terkuras energinya ketika berada di sekeliling banyak orang. Oleh sebab itu, mereka memilih teman dengan bijaksana.

Singkatnya, introvert sangat pemilih tentang siapa yang akan mereka bawa ke dalam hidupnya.

 

Penulis          : Muhammad Aqli

Redaktur       : Ari Rahmad Nawawi

Referensi      : lifestyle.compas.com, satupersen.net, halodoc.com. 

KOMENTAR

Nama

Artikel,16,Berita,95,Berita Kampus,54,Berita Khusus,6,Fiksi,21,FILM,11,kajian keislaman,15,Opini,26,Puisi,19,resensi buku,13,
ltr
item
PERSMA AL-MUMTAZ: APA ITU INTROVERT?
APA ITU INTROVERT?
https://1.bp.blogspot.com/-bYOhL0VxJbY/YHJdbvCQ9II/AAAAAAAABf4/aWqKDUgi6C0TtmPgUEYVT7rPrX9GGFXigCLcBGAsYHQ/s320/INTROVERT%2BPIC.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-bYOhL0VxJbY/YHJdbvCQ9II/AAAAAAAABf4/aWqKDUgi6C0TtmPgUEYVT7rPrX9GGFXigCLcBGAsYHQ/s72-c/INTROVERT%2BPIC.jpg
PERSMA AL-MUMTAZ
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/04/apa-itu-introvert.html
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/04/apa-itu-introvert.html
true
2107564355454311192
UTF-8
Loaded All Posts tidak menemukan posts LIHAT SEMUA Baca Semua Balas Batal Balas HAPUS OLEH BERANDA HALAMAN POSTS LIHAT SEMUA REKOMENDASI PEMBACA LABEL ARCHIVE PENCARIAN SEMUA BERITA Tidak menemukan pos yang cocok dengan permintaan Anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des saat ini 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy