BAHAYA MINUMAN MEMABUKKAN DALAM KACAMATA ISLAM

Minuman memabukkan sering disebut minuman keras (Miras) atau khamr yang berbahaya bagi kesehatan. Di dalam Islam minuman yang memabukkan juga diharamkan untuk meminumnya walaupun seteguk, selain berbahaya untuk diri sendiri juga berbahaya untuk orang lain, sebab akibat dari meminum minuman memabukkan secara tidak sadar akan menimbulkan kejahatan. Dosa meminum minuman yang diharamkan sama dengan tidak diterima nya ibadah shalat selama 40 hari, maka dari itu sangat rugi apabila meminum minuman keras yang saat ini banyak beredar dengan berbagai merek terkenal.

Masalah minuman keras (miras) selalu dibicarakan dalam masyarakat, karena akibatnya sangat berdampak negatif, merusak peminumnya dan merusak masyarakat dan lebih parah lagi menimbulkan berbagai kejahatan (kriminal). sejak zaman dahulu, terutama setelah agama Islam datang, setelah Nabi Muhammad diutus menjadi Rasul. Dari hal tersebut tentunya tidak lepas dari generasi muda yang kebenyakan mengkonsumsi miras hingga merusak akal pikirannya. Oleh sebab itu, agama Islam memecahkan semua orang yang rusak, jangan sampai rusak, sehingga Dapat memakmurkan bumi ini, sebagai khalifah Allah Salah satu cara masuk akal, adalah menjauhi minuman keras (minuman beralkohol).

Para Ulama berbeda perdapat mendefinisikan khamar mengakibatkan perbedaan dalam istinbath hukum. Jumhur pernyataan yang memabukkan sedikit atau banyak hukum- nya tetap haram. Khamar adalah semua yang memabukkan lagi menghilangkan pikiran dan menutupi dari apapun macamnya. Sedangkan menurut para fuqaha imam Malik, Syafi'i, dan Mengenai definisi khamar minuman yang memabuk- kan hukumnya sama, baik dinamakan khamar maupun yang bukan Khamar diidentikkan sejenis minuman yang terbuat dari perasan anggur maupun jenis bahan lainnya, misalnya kurma, kismis, gandum atau beras yang memabukkan dalam kadar sedikit atau banyak. Menurut Imam Hanafi, khamar adalah minuman yang diperoleh dari perasan anggur. Kurma dan anggur adalah komoditas ekonomi jazirah Arab sejak dahulu kala. Komoditi, selain secara alami juga diolah menjadi minuman yang memabukkan Seperti halnya buah aren biasa diolah menjadi tuak yang memabukkan. Disini Allah yang menyatakan secara langsung bahwa kedua buah tersebut dapat diolah menjadi rezeki yang baik (perdagangan alami) dan hal yang tidak baik (minuman yang memabukkan).

Bahaya minuman keras bagi kesehatan perlu segera dihindari agar tidak menimbulkan penyakit. Mengonsumsi alkohol, terlepas dari banyak atau tidaknya, tetap saja tidak mengurangi bahaya yang bisa ditimbulkan oleh zat tersebut. Berikut beberapa bahaya yang ditimbulkan dari minuman keras atau minuman beralkohol yaitu:

1. Merusak Hati

Bahaya minuman keras bagi kesehatan yang pertama tentunya adalah dapat merusak hati. Fungsi hati dapat terganggu atau bahkan rusak jika kamu terlalu banyak mengonsumsi minuman keras atau minuman beralkohol.

2. Memicu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Tingkat alkohol dalam darah yang melebihi batas wajar juga dapat melemahkan otot-otot jantung, yang juga akan memengaruhi paru-paru, hati, otak, dan sistem organ dalam tubuh lainnya.

3. Meningkatkan Risiko Kanker

Alkohol adalah senyawa karsinogen yang dapat sangat mudah memengaruhi bagian sekitar kepala dan leher. Selain kanker hati, jenis kanker lain yang juga dapat terjadi akibat sering mabuk adalah kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker esofagus, kanker usus besar, bahkan kanker payudara.

4. Gangguan Otak dan Saraf

Bahaya minuman keras juga dapat menimbulkan gangguan otak dan saraf. Menurut penelitian, sering mabuk dapat membuat otak menyusut atau mengecil. Semakin banyak alkohol yang dikonsumsi, semakin besar pula penyusutannya.

5. Rentan Terkena Pankreatitis

Saat terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol, pankreas akan memproduksi zat beracun yang mengakibatkan mudah mengalami radang pankreas (pankreatitis).

6. Menimbulkan Masalah Pencernaan

Bahaya minuman keras bagi kesehatan lainnya adalah menimbulkan masalah pencernaan. Mengonsumsi alkohol secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama bisa mengakibatkan terjadinya kerusakan pada saluran pencernaan.

7. Depresi

Bahaya minuman keras bagi kesehatan juga dapat memengaruhi mental. Sebagian orang menganggap bahwa mabuk dapat membantu mengatasi depresi. Namun, yang terjadi justru sebaliknya.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering mabuk memiliki risiko lebih tinggi untuk bunuh diri dan mengalami gangguan kecemasan. Hal ini terjadi karena saat kamu minum miras terlalu banyak, fungsi zat kimia otak yang mengatur mood akan terganggu, sehingga muncul gejala depresi.

8. Kecanduan Alkohol

Membuat kecanduan juga merupakan salah satu bahaya minuman keras bagi kesehatan. Meskipun menyadari bahaya alkohol, orang yang kecanduan akan terus-menerus mengonsumsi minuman beralkohol dan sulit untuk berhenti. Pada akhirnya, kebiasaan tersebut akan berdampak pada kesehatan maupun kehidupan sosial.

Adapun hikmah di haramkan meminum minuman keras sebagai berikut:

1. Menjaga kesehatan badan dan mental, Karena minuman keras sangat berbahaya bagi peminumnya maupun akibatnya pada orang lain Minuman keras juga bisa merusak jaringan saraf pada tubuh manusia terutama saraf otak. Dan dengan di haramkannya minuman keras maka manusia akan terhindar dari bahaya yang telah disebutkan di atas.

2. Menghindari dari lahirmya kejahatan sosial. Karena orang mabuk sering melakukan kejahatan. Dan dengan menjauhi minuman keras maka kehidupan masyarakat akan tentram dan damai.

3. Menjaga generasi penerus agar lebih baik.

4. Melindungi kehormatan, banyak bukti akibat minuman keras yang terjadi pemerkosaan terhadap wanita.

Islam merupakan agama yang sangat memperhatikan umatnya dalam hal apapun termasuk dalam hal minuman, Islam melarang atau mengharamkan minuman memabukkan untuk kebaikan umatnya. Sebab banyak menimbulkan dosa dan mudharat bagi peminumnya. Menurut penelitian meminum minuman keras atau beralkohol secara berlebihan akan banyak mendatangkan mudharat dari pada manfaat. Mabuk bukan untuk menghilangkan masalah namun malah akan menambah masalah yang sudah ada. Wallahu ‘alam.

Penulis : Nova

Redaktur : Ari

Referensi:

Mardani, Hadis Ahkam, Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Syaikhu, Norwili, dan Suci Naila Sufa, Perbandingan Mazhab Fiqh (Perbedaan Pendapat Dikalangan Imam Mazhab), Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2013.








KOMENTAR

Nama

Artikel,16,Berita,95,Berita Kampus,54,Berita Khusus,6,Fiksi,21,FILM,11,kajian keislaman,15,Opini,26,Puisi,19,resensi buku,13,
ltr
item
PERSMA AL-MUMTAZ: BAHAYA MINUMAN MEMABUKKAN DALAM KACAMATA ISLAM
BAHAYA MINUMAN MEMABUKKAN DALAM KACAMATA ISLAM
https://1.bp.blogspot.com/-CmJuzxFT49Y/YD5EJHzSudI/AAAAAAAABdM/Z3YklsAJjmA3cHYRvgGF9M95NKanTCHXgCLcBGAsYHQ/s320/MINUMAN%2BMEMABUKKAN%2BPIC.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-CmJuzxFT49Y/YD5EJHzSudI/AAAAAAAABdM/Z3YklsAJjmA3cHYRvgGF9M95NKanTCHXgCLcBGAsYHQ/s72-c/MINUMAN%2BMEMABUKKAN%2BPIC.jpg
PERSMA AL-MUMTAZ
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/03/bahaya-minuman-memabukkan-dalam.html
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/03/bahaya-minuman-memabukkan-dalam.html
true
2107564355454311192
UTF-8
Loaded All Posts tidak menemukan posts LIHAT SEMUA Baca Semua Balas Batal Balas HAPUS OLEH BERANDA HALAMAN POSTS LIHAT SEMUA REKOMENDASI PEMBACA LABEL ARCHIVE PENCARIAN SEMUA BERITA Tidak menemukan pos yang cocok dengan permintaan Anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des saat ini 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy