TEMPAT WISATA KOTA PALANGKA RAYA

Tempat wisata atau objek wisata adalah sebuah tempat rekreasi/tempat berwisata. Objek wisata dapat berupa objek wisata alam seperti gunung, danau, sungai, pantai, laut, atau berupa objek wisata bangunan seperti museum, benteng, situs peninggalan sejarah, dan lain lain. Kali ini penulis akan membahas beberapa tempat wisata yang ada di kota Palangka Raya, yaitu sebagai berikut :

 

1. Museum Balanga

Museum ini terletak di jalan protokol, Cilik Riwut, Km 2,5. Museum biasanya buka pada hari Senin sampai Sabtu pada pukul 07.00 hingga 14.00 WIB, kecuali Minggu dan libur nasional.

 

Pengunjung museum dibebankan biaya tiket masuk sebesar 2.500 rupiah untuk mahasiswa dan dewasa, sedangkan bagi pelajar cukup membayar Rp 1.000/orang.

 

Bagi anda sekalian yang ingin menambah khasanah pengetahuan mengenai pulau borneo dan suku dayak khususnya dapat berkunjung ke museum Balanga. Museum ini menyimpan berbagai jenis barang asli suku dayak dan berbagai teks buku mengenai pulau borneo dan suku dayak.

 

Ada berbagai koleksi benda budaya di museum ini, dan itu bisa dikelompokkan menjadi dua, yaitu :

Koleksi pertama adalah historika, ethnografi, keramologika, arkeologi, heraldika, dan numismatika. Selanjutnya kelompok kedua adalah benda-benda geologika dan biologika.

 

Di dalam museum anda juga akan melihat berbagai senjata tradisional, adanya replika rumah adat Kalimantan, berbagai baju tradisional, hingga perlengkapan dari berbagai ritual upacara pun ada di museum ini.

 

2. Masjid Raya Darussalam

Masjid yang berada di Kota Palangka Raya ini tidak kalah menarik dengan tempat wisata sebelumnya. Masjid Raya Darussalam termasuk dalam wisata religi yang dikunjungi oleh wisatawan ketika menginjakkan kaki di Kota Palangka Raya.

 

Selain Anda bisa melakukan kegiatan ibadah, mendekatkan diri dengan yang maha kuasa, Anda juga melihat keindahan arsitektur dari bangunan Masjid Raya Darussalam.

Masjid ini terbilang unik, karena bangunan masjid tersebut dibangun berdasarkan campuran etnik lokal dan timur tengah, dengan model kubah yang dibentuk tajam dan berlapis tiga.

 

Di dominasi warna putih dan kuning keemasan, masjid yang satu ini berdiri dengan megah di Kota Palangka Raya. Selain itu, masjid ini terdapat tameng atau perisai yang menyerupai suku asli Kalimantan Tengah, yakni suku Dayak.

 

3. Bukit Tangkiling

Palangka Raya memang menjadi salah satu kota yang terkenal akan keindahan alamnya. Salah satunya adalah Bukit Tangkiling yang merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi selanjutnya. Bukit ini memiliki ketinggian 500 meter.

 

Di atas bukit terdapat lokasi yang nyaman  untuk bersitirahat sembari menikmati pesona alam yang luas di bawah bukit. Bukit tersebut tergolong cukup tinggi sehingga sangat pas untuk melihat pemandangan alam yang hijau dengan deretan aliran sungai di bawahnya.

 

Anda bisa merasakan kesegaran udara dan angin yang sepoi-sepoi menghadirkan kenyamanan yang luar biasa.Tak hanya indah dipandang mata, Anda juga bisa melakukan ziarah ke bukit biara pertapaan, dan pura sali, juga tempat ziarah lain yang tersebar di sepanjang bukit dengan harmonis.

 

bagi Anda yang senang menyusuri keindahan alam sambil berjalan, bukit ini sangatlah cocok untuk Anda. Anda bisa melakukan trekking untuk menyusuri berbagai tempat indah seperti, pohon-pohon yang berjejer di sekitaran bukit. Belum lagi udara di bukit tangkiling yang begitu segar dan masih asri. Wisata yang satu ini memang cocok untuk Anda yang bosan dengan lingkungan kota yang hanya diisi dengan gedung pencakar langit dan udara yang tak sehat lantaran polusi. Dan tentu saja lokasi ini juga sangat pas untuk dijadikan lokasi berfoto dengan background alam yang asri.

 

4. Taman wisata kum-kum

Salah satu objek wisata yang wajib untuk Anda kunjungi apabila pergi ke Kota Palangka Raya yaitu Taman Kum Kum.

 

Taman ini merupakan sebuah kebun binatang yang menyuguhkan berbagai satwa khas pulau borneo. Namun, jangan terlalu berekspektasi berlebihan karena satwa yang berada di sini tidak banyak, Beberapa hewan yang ada di taman ini seperti monyet, beruang madu, burung rangkong, dan buaya dipelihara dengan baik.

 

Walaupun tidak memiliki hewan yang cukup banyak tempat ini cukup spesial dengan penataan yang unik dan menarik.

 

Kesejukan dan hijaunya alam membuat taman wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi. Berlibur ke tempat ini akan membuat stress Kamu hilang seketika karena kesejukan dan indahnya pemandangan yang disajikan.

 

Disekitar taman ada pula gubuk-gubuk menyerupai rumah panggung tersusun rapi dan unik yang bisa disewa yang disekitarnya dikelilingi pohon-pohon karet serta aliran sungai yang indah.

 

Fasilitas tersedia cukup lengkap, anda bisa menggunakan free wifi dan memesan makanan atau minuman. Sungguh tempat yang sempurna untuk bersantai, tidak terbayang betapa bahagianya berlibur di sini.

 

5. Rumah Adat Betang

Wisata sejarah tidak kalah menarik dikunjungi. Pernyataan ini dapat dibuktikan ketika Anda mengunjungi Rumah Adat Betang Palangka Raya. Disini wisatawan diajak untuk merasakan suasana zaman dahulu lewat sebuah rumah megah yang didirikan oleh suku Dayak asli. Pada zaman dahulu, rumah ini dibuat oleh suku Dayak untuk sebuah keluarga besar yang dipimpin oleh seorang pemimpin (Pambakas Lewu).

 

Rumah peninggalan sejarah ini memiliki panjang kurang lebih 30 hingga 150 meter, serta lebar sekitar 10 hingga 30 meter. Gaya arsiteknya yang cukup unik, merupakan daya tarik lainnya dari destinasi wisata satu ini. Selain menikmati kemegahan rumah adat, para wisatawan bahkan tertarik mengabadikan bangunan tersebut sebagai kenang kenangan.

 

Penulis     : Aqli

Redaktur  : Ari

Referensi :

  1.  Wikipedia.com
  2. Celebes.co
  3.  itrip.id
  4.  idntrip.com 

KOMENTAR

Nama

Artikel,18,Berita,97,Berita Kampus,60,Berita Khusus,6,Fiksi,23,FILM,13,kajian keislaman,17,Opini,27,Puisi,19,resensi buku,14,
ltr
item
PERSMA AL-MUMTAZ: TEMPAT WISATA KOTA PALANGKA RAYA
TEMPAT WISATA KOTA PALANGKA RAYA
https://1.bp.blogspot.com/-ociXqOIsc9A/YDcrdStfvhI/AAAAAAAABcY/jO87Zk_ufFE1N6cYO7XwXbBfhCAx9i90gCLcBGAsYHQ/s320/WISATA_PIC%255B1%255D.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ociXqOIsc9A/YDcrdStfvhI/AAAAAAAABcY/jO87Zk_ufFE1N6cYO7XwXbBfhCAx9i90gCLcBGAsYHQ/s72-c/WISATA_PIC%255B1%255D.jpg
PERSMA AL-MUMTAZ
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/02/tempat-wisata-kota-palangka-raya.html
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/02/tempat-wisata-kota-palangka-raya.html
true
2107564355454311192
UTF-8
Loaded All Posts tidak menemukan posts LIHAT SEMUA Baca Semua Balas Batal Balas HAPUS OLEH BERANDA HALAMAN POSTS LIHAT SEMUA REKOMENDASI PEMBACA LABEL ARCHIVE PENCARIAN SEMUA BERITA Tidak menemukan pos yang cocok dengan permintaan Anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des saat ini 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy