RESENSI BUKU "A LITTLE PRINCESS"

A Little Princess merupakan novel anak-anak karya Frances Hodgson Burnett yang terbit pertama kali sebagai buku pada tahun 1904. Awalnya  novel ini merupakan serial Novelette yang berjudul Sara Crewe atau Ada Apa dengan Asrama Nona Minchin yang diterbitkan oleh St. Nicholas Magazine pada tahun 1888.
Meskipun merupakan novel lama, namun novel ini tetap enak dibaca. Membaca novel ini serasa memasuki dunia anak-anak yang penuh kepolosan, bukan dunia anak-anak yang kini banyak tercemar dengan pengaruh sinetron yang seringkali tidak masuk aakal


Di kisahkan, Ada seorang anak perempuan piatu bernama Sara Crewe yang baru berumur 7 tahun. Hidup penuh kasih sayang bersama ayahnya Kapten Crewe. Sampai tiba saatnya bagi Sara untuk tinggal di sekolah  asrama di London yang jauh dari rumahnya di India. Meskipun anak orang kaya, alih-alih menjadi anak yang
sombong dan manja, Sara justru menjadi anak yang supel dan menyenangkan, sangat haus akan ilmu serta pandai bercerita. Daya imajinasinya luar biasa. Ia bisa melahap berbagai buku seperti seekor serigala kecil.
Pengalaman pertamanya di sekolah menyebabkan Nona Minchin, kepala sekolah asrama tempatnya tinggal, menyimpan dendam sekaligus mengagungkannya sebagai murid kesayangan dan putri dari seorang yang kaya raya. Kejadiannya bermula ketika Nona Minchin mendatangkan guru bahasa Perancis untuk Sara tanpa bertanya terlebih dahulu apakah Sara bisa berbahasa Perancis. Dan Nona Minchin menjadi sangat malu saat guru tersebut mengatakan, Sara yang memiliki ibu yang berasal dari Perancis, tak perlu belajar bahasa Perancis lagi. Bahkan aksennya pun seperti orang Perancis asli.
Sara sangat tegar untuk anak perempuan seumurannya. Hal itu disebabkan ia bangga sebagai anak prajurit dan ia ingin bersikap seperti seorang prajurit sejati yang sanggup menanggungkan kerasnya peperangan tanpa keluhan.


Hari-hari Sara di asrama ditemani Emily, boneka yang sejak lama diidam-idamkan. Ia pandai berteman dengan siapa pun bahkan dengan Ermengarde yang bodoh dan Lottie, si kecil piatu yang cengeng dan menyebalkan. Kepandaiannya bercerita membuatnya memiliki banyak pengikut bahkan si Becky, pelayan kecil yang tinggal di loteng.
Keadaan menjadi berubah ketika bisnis ayahnya merambah ke tambang berlian dan berakhir dengan kebangkrutan dan kematian Kapten Crewe. Berita kematiannya diterima Sara tepat saat perayaan ulang tahunnya yang ke sebelas bersama teman-teman sekelasnya.
Kehidupan Sara yang bak seorang putri berubah 180 derajat menjadi pelayan kecil penghuni loteng bersama Becky. Sikap optimisnya tergambar pada bagaimana dia bisa berteman dengan tikus kecil yang diberinya nama Melchisedec dan burung-burung pipit di sekitar loteng. Loteng kamar baginya adalah sebuah penjara Bastille yang suatu saat pasti akan ada kebebasan.


Keajaiban pun datang di tengah kekejaman perlakukan pemilik asrama bahkan para juru masak yang sering melampiaskan kemarahan padanya dengan menyuruhnya berbelanja ke luar asrama di tengah hujan salju sekalipun. Tuan India yang menjadi tetangga baru nya lah pembawa keajaiban itu dan mengembalikannya menjadi sorang putri sebagaimana seharusnya.


Pesan moral yang ada dalam kandungan cerita ini adalah jadilah seseorang yang pekerja keras, optimis, dan mampu menyesuaikan diri di manapun kita berada, karena hal-hal kecil tersebut lah yang dapat membawa kita ke pribadi yang lebih terarah. Dan jangan lupa untuk selalu berpikir yang baik, karena pikiran yang baik akan mendatangkan sesuatu yang baik juga apabila di sertai dengan usaha yang keras.

Penulis     : Mutia

Redaktur : Ari

  

KOMENTAR

Nama

Artikel,18,Berita,97,Berita Kampus,60,Berita Khusus,6,Fiksi,23,FILM,13,kajian keislaman,17,Opini,27,Puisi,19,resensi buku,14,
ltr
item
PERSMA AL-MUMTAZ: RESENSI BUKU "A LITTLE PRINCESS"
RESENSI BUKU "A LITTLE PRINCESS"
https://1.bp.blogspot.com/-WdAMzg5Cjp8/YCDQSQ_ynbI/AAAAAAAABao/Kc1bp-Na4qQSFCgbq7HxAFOP_JlndwgtQCLcBGAsYHQ/s320/BUKU%2BA%2BLITTLE%2BPRINCESS%2BPIC.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-WdAMzg5Cjp8/YCDQSQ_ynbI/AAAAAAAABao/Kc1bp-Na4qQSFCgbq7HxAFOP_JlndwgtQCLcBGAsYHQ/s72-c/BUKU%2BA%2BLITTLE%2BPRINCESS%2BPIC.jpg
PERSMA AL-MUMTAZ
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/02/resensi-buku-little-princess.html
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/02/resensi-buku-little-princess.html
true
2107564355454311192
UTF-8
Loaded All Posts tidak menemukan posts LIHAT SEMUA Baca Semua Balas Batal Balas HAPUS OLEH BERANDA HALAMAN POSTS LIHAT SEMUA REKOMENDASI PEMBACA LABEL ARCHIVE PENCARIAN SEMUA BERITA Tidak menemukan pos yang cocok dengan permintaan Anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des saat ini 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy