MENGENAL RUMAH ADAT BETANG

Rumah adalah sebuah tempat yang didiami seseorang atau keluarga dan pada setiap negara memiliki bentuk dan motif atau corak yang berbeda.Di Indonesia sendiri yang memiliki banyak sekali suku pastilah juga memiliki rumah-rumah (adat) yang berbeda-beda pula.

 

Rumah adat Betang adalah rumah adat suku Dayak di Kalimantan Tengah, ciri-ciri rumah adat ini yaitu memiliki bentuk panggung dan memanjang. Panjangnya bisa mencapai 30-150 meter serta lebarnya dapat mencapai sekitar 10-30 meter, memiliki tiang yang tingginya sekitar 3-5 meter, dan setiap rumah betang dihuni oleh 100 - 150 jiwa.

 

Betang dapat dikatakan sebagai rumah suku, karena selain di dalamnya terdapat satu keluarga besar yang menjadi penghuninya dan dipimpin pula oleh seorang [Pambakas Lewu].

 

Rumah adat Betang juga memiliki makna tersendiri yaitu menjadi sebuah pernyataan secara konkret atau sepenuhnya tentang tata pamong desa, sistem kependudukan dan bisa menjadi sebuah titik pusat bagi seluruh kehidupan masyarakat yang tinggal dan berada di dalamnya.

 

Rumah adat ini juga bukanlah sebuah rumah tinggal yang mewah, melainkan sebuah hunian sederhana agar masyarakat bisa tinggal dengan damai di dalamnya dan bisa hidup secara normal.

 

Meskipun bentuknya sangat besar dan memanjang, namun di dalam rumah tradisional ini juga mengenal pembagian ruangan. Mengingat rumah betang juga digunakan sebagai pusat semua kegiatan masyarakat. Maka perlu sekali dibagi menjadi ruangan-ruangan yang memiliki fungsi masing masiny, seperti adanya ruang yang disebut dengan Sado, tempat ini difungsikan untuk  musyarawarah, menganyam hingga menumbuk padi dilakukan disini.

 

Padong atau yang juga disebut ruang keluarga ini digunakan untuk berkumpul atau menerima tamu. Karena memang di dalam rumah ini banyak keluarga yang tinggal di dalamnya. Sehingga dibutuhkan ruangan khusus terpisah untuk melakukan kegiatan berkumpul yang luas. Sebab bagian ruang tengah pada Betang akan ditinggali oleh ketua atau tetua adatnya. Hal ini tentunya menjadikan ruangan tersebut tidak sembarangan dimasuki orang.

 

Untuk menunjukkan identitas sebagai rumah adat, rumah Betang ini dihiasi dengan ornamen atau hiasan. Hal ini terlihat pada ruangan paling depan dimana terdapat saundu. Saundu adalah totem atau patung yang bentuknya manusia dengan ukiran ukiran khas dari suku Dayak. Totem ini diletakkan dengan fungsi untuk mengikat binatang ketika diadakan upacara adat. Tak jarang juga terdapat patahu yang digunakan sebagai rumah pemujaan.

 

Biasanya pada rumah Betang juga terdapat patung yang diberi nama Rancak dan letaknya dekat dengan pintu. Patung ini merupakan patung yang menjadi persembahan untuk nenek moyang suku Dayak.

 

Di dalam rumah Betang juga terdapat beberapa aspek penting, seperti yang ada di bawah ini:

 

- Aspek penghunian yang merupakan sebuah struktur multi-keluarga permanen yang tinggal bersama di dalamnya.

 

- Aspek hukum karena di dalamnya mempunyai sebuah aspek kepemilikan yang sangat jelas. Rumah tersebut dimiliki oleh semua keluarga secara bersama untuk menguasai semua tanah di wilayah rumah Betang.

 

- Aspek ekonomi karena rumah Betang memiliki peran yang sangat penting dalam distribusi arus tenaga dan pembagian hasil antar keluarga yang ada di dalamnya.

 

Penulis       :Aqli

Redaktur   :Ari

(Referensi  : Wikipedia.com, Celebes.co, Rumah.com)


KOMENTAR

Nama

Artikel,18,Berita,97,Berita Kampus,60,Berita Khusus,6,Fiksi,23,FILM,13,kajian keislaman,17,Opini,27,Puisi,19,resensi buku,14,
ltr
item
PERSMA AL-MUMTAZ: MENGENAL RUMAH ADAT BETANG
MENGENAL RUMAH ADAT BETANG
https://1.bp.blogspot.com/-H5-7-D9ozBw/YBlVGjpj-nI/AAAAAAAABZU/5GqYt6J86OkdtF5kGTBGLf8xzMlAwH24gCLcBGAsYHQ/s320/RUMAH%2BBETANG%2BPIC.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-H5-7-D9ozBw/YBlVGjpj-nI/AAAAAAAABZU/5GqYt6J86OkdtF5kGTBGLf8xzMlAwH24gCLcBGAsYHQ/s72-c/RUMAH%2BBETANG%2BPIC.jpg
PERSMA AL-MUMTAZ
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/02/mengenal-rumah-adat-betang.html
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/02/mengenal-rumah-adat-betang.html
true
2107564355454311192
UTF-8
Loaded All Posts tidak menemukan posts LIHAT SEMUA Baca Semua Balas Batal Balas HAPUS OLEH BERANDA HALAMAN POSTS LIHAT SEMUA REKOMENDASI PEMBACA LABEL ARCHIVE PENCARIAN SEMUA BERITA Tidak menemukan pos yang cocok dengan permintaan Anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des saat ini 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy