SINOPSIS FILM "LASKAR PELANGI"

IDENTITAS FILM

Judul Film                    : Laskar Pelangi

Sutradara                      : Riri Riza

Produser                      : Mira Lesmana

Penulis                         : Salman Aristo, Riri Riza & Mira Lesmana

Berdasarkan                : Laskar Pelangi oleh Andrea Hirata

Pemeran                     : Cut Mini, Ikranagara, Slamet Rahardjo Djarot, Mathias Muchus & Teuku Rifnu Wikana

Musik                          : Titi Syuman & Aksan Syuman

Sinematografi              : Yadi Sugandi

Distributor                    : Miles Films, Mizan Productions & SinemArt

Tanggal Rilis               : 26 September 2008

Durasi                           : 125 menit

Negara                          : Indonesia

Bahasa                          : Bahasa Indonesia &  Bahasa Melayu

Anggaran                     : Rp 8 miliar

SINOPSIS

Film ini merupakan adaptasi dari novel karya Andrea Hirata yang berjudul Laskar Pelangi. Ceritanya dimulai saat Ikal (Lukman Sardi) kembali ke kampung halamannya. Ia menceritakan cerita masa kecil saat pertama kalinya ia masuk sekolah SD Muhammadiyyah. Ketika itu, ada masalah saat kelasnya yang akan dibuka oleh 2 orang guru, bu Muslimah & pak Harfan  kekurangan orang yang harus memiliki 10 orang murid. Sedangkan saat itu jumlah murid hanya 9 orang. Lalu datanglah Harun sebagai murid ke-10 yang membuat kelas itu bisa berjalan dan menyelematkan anak-anak lain yang ingin bersekolah. Dari 10 orang murid ini terbentuklah Laskar Pelangi yang terdiri dari Ikal, Mahar, Lintang, Borek, A-Kiong, Syahdan, Kucai, Trapani, Sahara, dan Harun.

Tempat belajar anak Laskar Pelangi, SD Muhammadiyyah, merupakan sekolah tertua di daerah Belitong, terliat begitu menyedihkan dan juga rapuh dibandingkan dengan sekolah-sekolah PN Timah (Perusahaan Negara Timah) tempat anak-anak orang kaya bersekolah. Ironis, dimana mereka dengan kemiskinannya berada ditengah-tengah kekayaan PN Timah yang mengeksloitasi tanah mereka.

Ujian dan kesulitan terus menghampiri SD Muhammadiyyah. Dengan terseok-seok, sekolah ini dibangun dengan jiwa ikhlas yang dipelopori oleh dua orang guru dan seorang kepala sekolah yang sudah tua.

Sekolah yang hampir dibubarkan karena kekurangan murid ini dihidupi berkat perhatian para donatur di komunitas Marjinal. Namun, sekolah ini masih tak layak, gedung yang bobrok, atap yang bolong-bolong, ruang kelas hanya beralaskan tanah, bangku pun seadanya, apabila malam hari datang sekolah ini dipakai untuk menyimpan ternak. Mirisnya, sekolah yang hanya mampu membayar gaji dengan sekian kilo beras ini membeli kapur tulis sekalipun terasa mahal.

Film yang disutradarai Riri Riza ini menceritakan tentang anak-anak di salah satu pulau yang indah di Indonesia. Cerita dimana mereka harus berkerja keras untuk bersekolah. Cerita tentang 10 anak Laskar Pelangi yang pantang menyerah dalam menggapai cita-cita mereka, serta diisi oleh keindahan persahabatan yang kuat.

KELEBIHAN FILM LASKAR PELANGI

Alur cerita yang bagus dan juga natural menjadi salah satu kelebihan dari film ini. Selain itu, film ini memperkenalkan keindahan Pulau Belitong.

KEKURANGAN FILM LASKAR PELANGI

Untuk kekurangan  pada film ini bisa disebut tidak ada. Hanya saja terdapat penggalan cerita atau adegan yang tidak ditampilkan dari novel aslinya.

Penulis             :Devia

Redaktur          :Ari 

KOMENTAR

Nama

Artikel,16,Berita,95,Berita Kampus,54,Berita Khusus,6,Fiksi,21,FILM,11,kajian keislaman,15,Opini,26,Puisi,19,resensi buku,13,
ltr
item
PERSMA AL-MUMTAZ: SINOPSIS FILM "LASKAR PELANGI"
SINOPSIS FILM "LASKAR PELANGI"
https://1.bp.blogspot.com/-oQwbtEmInvM/YAPWfkE6VJI/AAAAAAAABWE/O8w4KuJFExYIjmv9yhjDl46lWZ_lkjkeACLcBGAsYHQ/s320/laskar%2Bpelangi.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-oQwbtEmInvM/YAPWfkE6VJI/AAAAAAAABWE/O8w4KuJFExYIjmv9yhjDl46lWZ_lkjkeACLcBGAsYHQ/s72-c/laskar%2Bpelangi.jpg
PERSMA AL-MUMTAZ
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/01/sinopsis-film-laskar-pelangi.html
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/01/sinopsis-film-laskar-pelangi.html
true
2107564355454311192
UTF-8
Loaded All Posts tidak menemukan posts LIHAT SEMUA Baca Semua Balas Batal Balas HAPUS OLEH BERANDA HALAMAN POSTS LIHAT SEMUA REKOMENDASI PEMBACA LABEL ARCHIVE PENCARIAN SEMUA BERITA Tidak menemukan pos yang cocok dengan permintaan Anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des saat ini 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy