SINOPSIS FILM "HABIBIE & AINUN"

Judul : Habibie & Ainun

Sutradara : Faozan Rizal

Produser : Dhamoo Punjabi & Manoj Punjabi

Penulis : Ginatri S. Noer & Ifan Adriansyah Ismail

Pengarang : Habibie & Ainun oleh B. J. Habibie

Musik : Tya Subiakto

Sinematografi : Ipung Rachmat & Syaiful

Perusahaan Produksi : MD Pictures

Distributor : MD Pictures

Tanggal Rilis : 20 Desember 2012

Durasi : 118 menit

Negara : Indonesia

Bahasa : Bahasa Indonesia & Bahasa Jerman

Pemeran :

  •          Reza Rahardian - Habibie
  •          Bunga Citra Lestari - Ainun Habibie
  •         Tio Pakusadewo - H. M. Soeharto
  •         Ratna Riantiarno - R.A. Tuti Marini Puspowardojo (ibunda Habibie)
  •          Mike Muliadro - Ilham Akbar Habibie (putra Habibie)
  •          Christoffer Nelwan - Thareq Kemal Habibie (putra Habibie)
  •          Vitta Mariana - dr. Arlis Reksoprodjo (sahabat Ainun)
  •          Esa Sigit - Habibie muda
  •          Marsha Natika - Ainun muda
  •          Bayu Oktara - Fanny Habibie
  •          Hanung Bramantyo - Sumohadi

Sinopsis

Bacharuddin Jusuf Habibie adalah seorang jenius ahli pesawat terbang yang mempunyai mimpi besar untuk negaranya, Indonesia. Walaupun karirnya di sebuah perusahaan penerbangan Jerman menjanjikan, ia tidak pernah lupa kepada tanah air. Berbakti kepada bangsa Indonesia dengan membuat pesawat terbang mandiri untuk menyatukan Indonesia adalah cita-citanya. Di lain sisi, Hasri Ainun Besari adalah seorang dokter muda cerdas yang dengan jalur karir terbuka lebar untuknya.

Pada tahun 1962, dua kawan SMP ini bertemu lagi di Bandung. Habibie jatuh cinta seketika pada Ainun yang sekarang baginya semanis gula pasir. Ainun pun menyimpan rasa yang sama kepada Habibie. Hari-hari indah pun berlanjut. Dua insan yang sepertinya memang ditakdirkan untuk bersama ini pun mengikat janji suci mereka dalam pernikahan khas adat Jawa. Ainun sadar akan mimpi besar Habibie, sehingga ia pun mengamini permintaan Habibie untuk melanjutkan kehidupan mereka di Jerman.

Memiliki mimpi besar memang tak akan pernah mudah. Habibie dan Ainun tahu akan hal itu. Cinta mereka pun terbangun dalam perjalanan mewujudkan mimpi. Dinginnya salju Jerman, pengorbanan, rasa sakit, kesendirian serta godaan harta dan kuasa saat mereka kembali ke Indonesia mengiringi perjalanan pasangan ini.

Bagi Habibie, Ainun adalah segalanya. Ainun adalah mata untuk melihat hidupnya. Bagi Ainun, Habibie adalah segalanya, pengisi kasih dalam hidupnya. Namun setiap kisah mempunyai akhir, setiap mimpi mempunyai batas. Kemudian pada satu titik, dua belahan jiwa ini tersadar.

Kelebihan

Akting Reza Rahadian sebagai Habibie sungguh brilian. Beliau sangat menghayati perannya sebagai Habibie. Chemistry yang dibangun dengan Bunga Citra Lestari pun sungguh terasa nyata. Bunga dengan kemampuan aktingnya cukup berhasil memperlihatkan sosok istimewa seorang Ainun. Pemilihan setting tempat dan suasana yang bagus, baik saat pengambilan gambar di Indonesia maupun di Jerman, seakan-akan penonton dibawa pergi menuju masa itu. Ending yang mengharukan dipertontonkan ketika Habibie (asli) menangis di pusara (Almrh) Ainun. Soundtrack film yang diciptakan oleh Melly Goeslaw dan dinyanyikan oleh Bunga Citra Lestari sangat sesuai dengan tema film. Lagunya mengandung lirik yang puitis dan memiliki makna yang dalam tentang cinta.

Kekurangan

Tiada karya yang sempurna, sebuah karya yang sangat spektakuler pun selalu tidak lepas dari kekurangan. Film ini pun menurut saya memiliki kekurangan yang cukup mengganggu, yaitu selain plotnya yang kadang terlalu cepat sehingga mengurangi kenikmatan dramatisasi, adalah make up-nya. Karena make up pemeran utama Habibie (Rezha Rahardian) dan Ainun (Bunga Citra Lestari) yang kurang maksimal, hal ini menyebabkan pemeran anak-anak Habibie dewasa (Mike Lucock dan Raditya Argoebie) tampak jarak umurnya tidak jauh dari Habibie dan Ainun. Hal ini tentu mengurangi visualisasi sosok Habibie dan Ainun dalam film tersebut.

Penulis    :Devia

Redaktur :Ari 

KOMENTAR

Nama

Artikel,18,Berita,97,Berita Kampus,60,Berita Khusus,6,Fiksi,23,FILM,13,kajian keislaman,17,Opini,27,Puisi,19,resensi buku,14,
ltr
item
PERSMA AL-MUMTAZ: SINOPSIS FILM "HABIBIE & AINUN"
SINOPSIS FILM "HABIBIE & AINUN"
https://1.bp.blogspot.com/-RteoVJ0odQs/YA7DyFuNp2I/AAAAAAAABXo/dpGF52nb5RQFeylfgrSjOUZhiIgOJOz6QCLcBGAsYHQ/s320/SINOPSIS%2BFILM%2BHABIBIE%2B%2526%2BAINUN%2BPIC.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-RteoVJ0odQs/YA7DyFuNp2I/AAAAAAAABXo/dpGF52nb5RQFeylfgrSjOUZhiIgOJOz6QCLcBGAsYHQ/s72-c/SINOPSIS%2BFILM%2BHABIBIE%2B%2526%2BAINUN%2BPIC.jpg
PERSMA AL-MUMTAZ
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/01/sinopsis-film-habibie-ainun.html
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/01/sinopsis-film-habibie-ainun.html
true
2107564355454311192
UTF-8
Loaded All Posts tidak menemukan posts LIHAT SEMUA Baca Semua Balas Batal Balas HAPUS OLEH BERANDA HALAMAN POSTS LIHAT SEMUA REKOMENDASI PEMBACA LABEL ARCHIVE PENCARIAN SEMUA BERITA Tidak menemukan pos yang cocok dengan permintaan Anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des saat ini 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy