OPINI : PEMBELAJARAN DARING DI TENGAH PENDEMI COVID-19

Pandemi (Covid-19) yang terjadi di akhir tahun 2019 mempengaruhi banyak aspek dalam bidang kehidupan. Covid-19 yang pertama kali ditemukan di Wuhan China yang telah membunuh ratusan ribu orang di dunia.

Sedangkan di Indonesia sebanyak puluhan ribu orang yang sudah terjangkit virus covid-19. Virus ini merupakan virus yang sangat berbahaya dengan tingkat penyebaran yang tinggi , oleh karena itu hampir seluruh negara mengambil perhatian dalam upaya pengendalian virus covid-19.

Banyak kebijakan yang telah di ambil oleh pemerintah dalam melakukan upaya pengendalian virus covid -19 dari pembentukan gugus covid-19 , penetapan masa darurat , pembatasan sosial , pegawai & karyawan bekerja dari rumah, guru dan murid melakukan pembelajaran dari rumah.

Sama hal nya di bidang Pendidikan kebijakan belajar dan mengajar di lakukan di secara daring ( dari rumah). Kebijakan tersebut mengharuskan guru maupun murid akrab dengan teknologi komputer dan internet sebagai media yang dapat menghubungkan peserta didik dan guru di tengah setuasi pandemi covid -19 sebagai pembatas sosial. Oleh karena itu , dalam mendukung kegiatan pembelajaran daring menuntut seluruh guru membuka ruang kelas online dengan fasilitas Google Classroom , google Meet dan Zoom untuk melakukan pertemuan tatap muka dengan murid secara online.

Adapun beberapa murid atau mahasiswa yang berpendapat tentang pelaksanaan pembelajaran secara daring , menurut mahasiswa berinsial AF semester 5 di perguruan tinggi sistem pembelajaran daring/online di tengah pandemi covid-19 ini bagi para pelajar sekarang kurang efektif. Karena sistem online seperti sekarang kebanyakan pelajar malah semakin malas untuk belajar, walaupun di permudah dengan menggunakan aplikasi via zoom sekalipun, kebanyakan pelajar pasti menyepelakan hal tersebut. Serta pada saat pembelajaran online sekarang ini kebanyakan guru/dosen selalu menambahkan tugas yang malah memberatkan pelajarnya.  “hal itu membuat belajar daring/online malah menjadi suntuk dan bahkan banyak pelajar yang tidak terlalu menyukai termasuk saya” Menurut AF.

Pembelajaran secara daring/online juga memiliki kekurangan dan kelebihan , salah satu mahasiswa berinisial “J” merupakan Mahasiswi semester 6 di perguruan tinggi, menurut dia kelebihan dalam pembelajaran yang di lakukan secara daring/online kegiatan pembelajaran bisa lebih santai karena dilakukan dirumah dibadingkan di kampus, jadwal pembelajaran bisa lebih banyak belajar sendiri, bisa mengatur manajemen waktu sendiri untuk belajar dirumah lebih banyak apalagi di suasana di tengah covid-19 kita harus menjaga jarak , dan jangan lupa menjaga Kesehatan. Kekurangan , perkuliahan lumayan susah bagi yang terkendala jaringan  banyak Sebagian dari mahasiswi/mahasiswa yang berada di daerah pasti sangat sulit untuk mencari jaringan internet.

Penulis    :Lana

Redaktur :Ari 

KOMENTAR

Nama

Artikel,18,Berita,97,Berita Kampus,60,Berita Khusus,6,Fiksi,23,FILM,13,kajian keislaman,17,Opini,27,Puisi,19,resensi buku,14,
ltr
item
PERSMA AL-MUMTAZ: OPINI : PEMBELAJARAN DARING DI TENGAH PENDEMI COVID-19
OPINI : PEMBELAJARAN DARING DI TENGAH PENDEMI COVID-19
https://1.bp.blogspot.com/-uB2yhpsWOoA/YA7GL5WOJAI/AAAAAAAABYI/bwooty9YajcIL-v8pYyz1Kb8WVsz2BD2gCLcBGAsYHQ/s320/OPINI%2BPEMBELAJARAN%2BONLINE%2BDI%2BMASA%2BPANDEMI%2BPIC.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-uB2yhpsWOoA/YA7GL5WOJAI/AAAAAAAABYI/bwooty9YajcIL-v8pYyz1Kb8WVsz2BD2gCLcBGAsYHQ/s72-c/OPINI%2BPEMBELAJARAN%2BONLINE%2BDI%2BMASA%2BPANDEMI%2BPIC.jpg
PERSMA AL-MUMTAZ
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/01/opini-pembelajaran-daring-di-tengah.html
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/01/opini-pembelajaran-daring-di-tengah.html
true
2107564355454311192
UTF-8
Loaded All Posts tidak menemukan posts LIHAT SEMUA Baca Semua Balas Batal Balas HAPUS OLEH BERANDA HALAMAN POSTS LIHAT SEMUA REKOMENDASI PEMBACA LABEL ARCHIVE PENCARIAN SEMUA BERITA Tidak menemukan pos yang cocok dengan permintaan Anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des saat ini 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy