Pandemi (Covid-19) yang terjadi di akhir tahun 2019
mempengaruhi banyak aspek dalam bidang kehidupan. Covid-19 yang pertama kali
ditemukan di Wuhan China yang telah membunuh ratusan ribu orang di dunia.
Sedangkan di Indonesia sebanyak puluhan ribu orang yang sudah
terjangkit virus covid-19. Virus ini merupakan virus yang sangat berbahaya
dengan tingkat penyebaran yang tinggi , oleh karena itu hampir seluruh negara
mengambil perhatian dalam upaya pengendalian virus covid-19.
Banyak kebijakan yang telah di ambil oleh pemerintah dalam
melakukan upaya pengendalian virus covid -19 dari pembentukan gugus covid-19 , penetapan
masa darurat , pembatasan sosial , pegawai & karyawan bekerja dari rumah,
guru dan murid melakukan pembelajaran dari rumah.
Sama hal nya di bidang Pendidikan kebijakan belajar dan
mengajar di lakukan di secara daring ( dari rumah). Kebijakan tersebut
mengharuskan guru maupun murid akrab dengan teknologi komputer dan internet
sebagai media yang dapat menghubungkan peserta didik dan guru di tengah setuasi
pandemi covid -19 sebagai pembatas sosial. Oleh karena itu , dalam mendukung
kegiatan pembelajaran daring menuntut seluruh guru membuka ruang kelas online
dengan fasilitas Google Classroom , google Meet dan Zoom untuk melakukan
pertemuan tatap muka dengan murid secara online.
Adapun beberapa murid atau mahasiswa yang berpendapat tentang
pelaksanaan pembelajaran secara daring , menurut mahasiswa berinsial AF
semester 5 di perguruan tinggi sistem pembelajaran daring/online di tengah
pandemi covid-19 ini bagi para pelajar sekarang kurang efektif. Karena sistem
online seperti sekarang kebanyakan pelajar malah semakin malas untuk belajar,
walaupun di permudah dengan menggunakan aplikasi via zoom sekalipun, kebanyakan
pelajar pasti menyepelakan hal tersebut. Serta pada saat pembelajaran online
sekarang ini kebanyakan guru/dosen selalu menambahkan tugas yang malah
memberatkan pelajarnya. “hal itu
membuat belajar daring/online malah menjadi suntuk dan bahkan banyak pelajar
yang tidak terlalu menyukai termasuk saya” Menurut AF.
Pembelajaran secara daring/online juga memiliki kekurangan
dan kelebihan , salah satu mahasiswa berinisial “J” merupakan Mahasiswi
semester 6 di perguruan tinggi, menurut dia kelebihan dalam pembelajaran yang
di lakukan secara daring/online kegiatan pembelajaran bisa lebih santai karena
dilakukan dirumah dibadingkan di kampus, jadwal pembelajaran bisa lebih banyak
belajar sendiri, bisa mengatur manajemen waktu sendiri untuk belajar dirumah
lebih banyak apalagi di suasana di tengah covid-19 kita harus menjaga jarak ,
dan jangan lupa menjaga Kesehatan. Kekurangan , perkuliahan lumayan susah bagi
yang terkendala jaringan banyak Sebagian
dari mahasiswi/mahasiswa yang berada di daerah pasti sangat sulit untuk mencari
jaringan internet.
Penulis :Lana
KOMENTAR