MENGENAL TARIAN SUKU DAYAK "TARI GANTAR"

Tari Gantar adalah sebuah tarian yang berasal dari Kalimantan Timur.Lebih tepatnya tarian ini ditarikan oleh suku Dayak Benuaq dan Dayak Tunjung di Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur.

 

Tari ini merupakan tari pergaulan muda-mudi, juga melambangkan kegembiraan dan keramah-tamahan suku dayak dalam menyambut tamu yang datang ke Kalimantan timur. Dalam penyuguhan tariannya tamu-tamu diajak untuk ikut menari bersama para penari.

 

Zaman dulu Tari Gantar hanya dibawakan saat upacara adat, terutama perayaan upacara tanam padi. Versi lain juga beredar dalam masyarakat bahwa dahulunya Tari Gantar adalah merupakan tari sakral yang hanya boleh ditarikan saat para pahlawan pulang dari medan peperangan. Tari ini sebagai penyambut kedatangan mereka dan ditarikan oleh gadis-gadis remaja. Properti tongkat panjang adalah sebuah sumpit dan diberi hiasan kepala atau tengkorak musuh (digantungkan) yang telah dibunuh oleh para pahlawan.

 

Gerakan-gerakan tari Gantar melukiskan orang yang sedang menanam padi. Tongkat menggambarkan kayu penumbuk untuk membuat lubang di tanah. Sementara bambu berisi biji-bijian melambangkan benih padi dan wadahnya. Tarian ini tidak hanya dikenal oleh suku Dayak Tunjung, namun dikenal juga oleh suku Dayak Benuaq. Tarian Gantar bisa dibagi menjadi tiga kategori, yaitu :

 

Tari Gantar Rayat, yaitu gerakan tarian yang hanya menggunakan satu alat saja yaitu sebuah kayu atau tongkat panjang yang di ujungnya diikat dengan sebuah tengkorak manusia lalu dibungkus dengan kain merah.Penari menari berkeliling sembari menyanyi dan di pinggang mereka masing – masing di ikatkan mandau. Saat mereka tidak memegang tongkatnya, para penari kemudian ngelewai gerakan yakni seperti melambaikan tangan yang sesuai irama.

 

Gantar Busai, pada terusan Gantar busai penari membawa sepotong bambu yang akan diisi dengan biji – bijian di tangan kanan. Sedangkan tangan kiri yang kosong melambai – lambai sesuai irama.

Bambu yang digunakan biasanya berukuran  50 cm dan diberi gelang dua belas buah sehingga menimbulkan bunyi gemerincing ketika bergerak.

 

Gantar Senak atau Gantar Kusak, Gantar Kusak Senak sama seperti namanya para penarinya memakai dua alat tari yakni Senak dan Kusak. Senak dan Kusak adalah tongkat dan bambu yang di dalamnya berisi biji – bijian sehingga ketika menari menimbulkan bunyi yang nyaring. Kusak dipegang tangan kanan dan telapak tangan membuka lalu juga dengan siku ditekuk. Senak biasanya berukuran antara 1 hingga 1,5 m, sedangkan Kusak berukuran 30 cm, kemudian diisi biji-bijian dan ujungnya ditutup dengan Ibus atau semacam penutup.

 

Tongkat pada tarian gunanya adalah untuk membuat lubang pada tanah yang digunakan untuk menanam benih, sedangkan bambu sebagai tabung benih untuk menyimpan padi sebelum ditanam.Kostum yang dipakai penari disebut Ulap Doyo, merupakan kain tenunan asli suku Dayak Benuaq yang diambil dari serat Doyo.

 

Itulah sedikit pengenalan dari salah satu tarian dari Kalimantan timur yang merupakan salah satu kesenian tradisional dari Nusantara yang memiliki gerakan dan pakaian terian yang indah.

 

Penulis     :Aqli

Redaktur  :Ari

Referensi : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Tari_Gantar

 

 


KOMENTAR

Nama

Artikel,18,Berita,97,Berita Kampus,60,Berita Khusus,6,Fiksi,23,FILM,13,kajian keislaman,17,Opini,27,Puisi,19,resensi buku,14,
ltr
item
PERSMA AL-MUMTAZ: MENGENAL TARIAN SUKU DAYAK "TARI GANTAR"
MENGENAL TARIAN SUKU DAYAK "TARI GANTAR"
https://1.bp.blogspot.com/-Uu0KcwAgd6I/YAPUdeoP1BI/AAAAAAAABVg/Tz8JcPSXDDYw7TxdUBirM8OXzIreedygwCLcBGAsYHQ/s320/tari%2Bgantar.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Uu0KcwAgd6I/YAPUdeoP1BI/AAAAAAAABVg/Tz8JcPSXDDYw7TxdUBirM8OXzIreedygwCLcBGAsYHQ/s72-c/tari%2Bgantar.jpg
PERSMA AL-MUMTAZ
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/01/mengenal-tarian-suku-dayak-tari-gantar.html
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/01/mengenal-tarian-suku-dayak-tari-gantar.html
true
2107564355454311192
UTF-8
Loaded All Posts tidak menemukan posts LIHAT SEMUA Baca Semua Balas Batal Balas HAPUS OLEH BERANDA HALAMAN POSTS LIHAT SEMUA REKOMENDASI PEMBACA LABEL ARCHIVE PENCARIAN SEMUA BERITA Tidak menemukan pos yang cocok dengan permintaan Anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des saat ini 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy