MENGENAL TARI GIRING-GIRING

Tari giring-giring adalah sebuah tarian yang ditarikan oleh suku Dayak Ma'anyan yang mendiami daerah Kabupaten Barito Timur dan Kabupaten Barito Selatan provinsi Kalimantan Tengah.

 

Tarian tradisional ini menggunakan tongkat sebagai perlengkapan dalam tariannya. Tarian ini merupakan tarian yang mengekspresikan kebahagiaan dan rasa senang masyarakat dengan cara menari dan memainkan tongkat sebagai media menarinya. Tarian ini biasanya digunakan untuk menyambut tamu, hajatan, pembukaan acara besar, dan lain sebagainya.

 

Nama Giring-giring diambil dari nama tongkat yang dimainkan oleh para penarinya, yaitu tongkat giring-giring atau juga disebut Gangereng oleh masyarakat Kalimantan Tengah, dalam tari Giring Giring ada 2 jenis tongkat yang di gunakan yaitu tongkat panjang dan tongkat pendek.

 

Tongkat panjang dipegang ditangan kiri yang di gunakan untuk menghentakkannya ke lantai. Sedangkan tongkat pendek dipegang ditangan kanan dan di mainkan dengan cara di ayunkan. Tongkat pendek tersebut terbuat dari bambu tipis yang di isi dengan biji piding, sehingga menghasilkan suara yang unik apabila di padukan dengan suara hentakan tongkat yang panjang.

 

Gerakan pada tarian ini sebenarnya cukup sulit karena selain menari, penari juga memainkan tongkat dengan memadukan suara hentakan dari tongkat panjang dan suara dari tongkat pendek tersebut. Sehingga membutuhkan kombinasi dan konsentrasi dalam melakukannya.

 

Dalam tari Giring Giring juga diiringi oleh musik pengiring tradisional seperti kangkanung, gendang dan gerantung. Saat penari memainkan tongkat juga harus di padukan dengan musik pengiring dengan alunan musiknya yang terdengar ceria dan biasanya dimainkan oleh ibu-ibu dari Suku Dayak.

 

Keserasian bunyi hentakan tongkat panjang, getaran biji-biji dalam tongkat pendek, serta gerakan tangan dan kaki yang seirama dengan iringan musik yang ceria itulah yang menimbulkan keindahan dalam kombinasi suara dan gerakan yang menjadi keunikan  dan menjadi perhatian para penonton dalam tarian ini. Tari Giring-giring memiliki nama lain yaitu Sbo Bano dan di Kalimantan Selatan disebut tari Gintur.

 

Penulis    :Aqli

Redaktur :Ari

 

(Referensi : Wikipedia.org, intinews.co.id, negerikuindonesia.com) 

KOMENTAR

Nama

Artikel,18,Berita,97,Berita Kampus,60,Berita Khusus,6,Fiksi,23,FILM,13,kajian keislaman,17,Opini,27,Puisi,19,resensi buku,14,
ltr
item
PERSMA AL-MUMTAZ: MENGENAL TARI GIRING-GIRING
MENGENAL TARI GIRING-GIRING
https://1.bp.blogspot.com/-nd6V7dQewxU/YA7C6zqltmI/AAAAAAAABXc/z5qxEqwsBw4tQ2uQfuFQTe6meEF5KkCTgCLcBGAsYHQ/s320/TARI%2BGIRING-GIRING%2BPIC.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-nd6V7dQewxU/YA7C6zqltmI/AAAAAAAABXc/z5qxEqwsBw4tQ2uQfuFQTe6meEF5KkCTgCLcBGAsYHQ/s72-c/TARI%2BGIRING-GIRING%2BPIC.jpg
PERSMA AL-MUMTAZ
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/01/mengenal-tari-giring-giring.html
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/01/mengenal-tari-giring-giring.html
true
2107564355454311192
UTF-8
Loaded All Posts tidak menemukan posts LIHAT SEMUA Baca Semua Balas Batal Balas HAPUS OLEH BERANDA HALAMAN POSTS LIHAT SEMUA REKOMENDASI PEMBACA LABEL ARCHIVE PENCARIAN SEMUA BERITA Tidak menemukan pos yang cocok dengan permintaan Anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des saat ini 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy