MAKNA WARNA DALAM KEPERCAYAAN SUKU DAYAK

Suku Dayak adalah salah satu suku yang ada di Indonesia. Suku Dayak berasal dari daerah Kalimantan. Dalam kesempatan ini penulis akan membahas tentang arti atau makna warna-warna yang ada pada pakaian dan aksesoris yang ada pada pakaian suku Dayak.

Beberapa warna dan makna dalam kepercayaan suku Dayak :

1. Bahenda

Bahenda yaitu warna kuning. warna ini dibuat dengan menggunakan tanaman henda atau kunyit, mengandung makna kekuasaan, keajaiban, menunjukkan keberadaan Hatalla (Tuhan) bahwa kekuasaan Hatalla sungguh besar tidak ada penguasa lain selain Hatalla, melambangkan kekayaan (emas), keluhuran, dan keagungan.

2. Bahandang

Bahandang yaitu warna merah, merah dihasilkan dari buah hutan yaitu jarenang (jernang), bisa juga dari daun sirih dicampur dengan kapur. Mengandung makna semangat hidup dari suku dayak dan sesuatu yang abadi yang tidak pernah luntur atau berubah warnanya yang diilhami oleh batu merah.

3. Bahijau

Bahijau yaitu warna hijau. warna ini dibuat dari daun sirih yang ditumbuk, mengandung makna kesuburan, rejeki yang melimpah ruah, kehidupan, perdamaian dan pembangunan. Di berkati oleh warna tanaman yang ada di alam semesta.

4. Baputi

Baputi atau putih.warna ini dibuat dengan menggunakan tanah liat putih atau dari kapur sirih, mengandung makna kesucian, kemurnian, kesederhanaan dan iman kepada Tuhan yang maha esa.

5. Babilem

Babilem atau hitam. Warna ini dibuat dari arang, mengandung makna roh jahat bisa juga roh baik, kuasa kegelapan, kesungguhan, juga bisa sebagai penangkis bahaya atau celaka.


Penulis            :Aqli

Redaktur         :Ari


(Sumber: sangkay city blog dan guideku.com)

KOMENTAR

Nama

Artikel,18,Berita,97,Berita Kampus,60,Berita Khusus,6,Fiksi,23,FILM,13,kajian keislaman,17,Opini,27,Puisi,19,resensi buku,14,
ltr
item
PERSMA AL-MUMTAZ: MAKNA WARNA DALAM KEPERCAYAAN SUKU DAYAK
MAKNA WARNA DALAM KEPERCAYAAN SUKU DAYAK
https://lh3.googleusercontent.com/-ozyKMwJLIiQ/X_LVKfvyKaI/AAAAAAAABS8/-1Q_J8Tn71AHzazepFScdqiLZcjB8ZH1ACLcBGAsYHQ/w357-h288/image.png
https://lh3.googleusercontent.com/-ozyKMwJLIiQ/X_LVKfvyKaI/AAAAAAAABS8/-1Q_J8Tn71AHzazepFScdqiLZcjB8ZH1ACLcBGAsYHQ/s72-w357-c-h288/image.png
PERSMA AL-MUMTAZ
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/01/makna-warna-dalam-kepercayaan-suku-dayak.html
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/01/makna-warna-dalam-kepercayaan-suku-dayak.html
true
2107564355454311192
UTF-8
Loaded All Posts tidak menemukan posts LIHAT SEMUA Baca Semua Balas Batal Balas HAPUS OLEH BERANDA HALAMAN POSTS LIHAT SEMUA REKOMENDASI PEMBACA LABEL ARCHIVE PENCARIAN SEMUA BERITA Tidak menemukan pos yang cocok dengan permintaan Anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des saat ini 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy