KISAH MISTIK SUNGAI KAHAYAN

 

Sungai Kahayan atau Batang Biaju Besar atau sungai Dayak Besar atau Groote Daijak-rivier atau Great Dajak atau Great Dyacs adalah sungai yang membelah kota Palangka Raya. Sungai ini bermuara di 3 kabupaten/kota antara Kota Palangka Raya, Kabupaten Gunung Mas dan Kabupaten Pulang Pisau, serta bermuara di Laut Jawa.

Sungai kahayan yang banyak dikunjungi para turis saat berlibur ini karena keindahan dan kecantikan jembatannya ternyata menyimpan banyak kisah mistik dan hal ghaib  yang beredar dikalangan masyarakat Palangka Raya dan bahkan  hal ini membuat masyarakat Palangka Raya takut dan menjadikannya sebagai tempat cantik yang menyimpan banyak kisah mistik. Kisah mistik mulai dari menjadi tempat kerajaan alam ghaib,misteri siluman meminta tumbal,dan buaya.

Disungai ini, memang tidak pernah terdengar ada buaya yang muncul dan menyerang warga, layaknya seperti sungai yang ada di sungai lainnya seperti Sungai Sebangau atau Sungai Mentaya, Sampit.Tetapi, bagi sebagian warga Palangka raya, Sungai Kahayan memiliki mistik tertentu yang memang tidak bisa dinalar menggunakan akal sehat, karena sifatnya irasional.

Hampir setiap tahun, terutama saat musim hujan dan sungai pasang sehingga meluap ke permukiman bantaran sungai, ada saja warga yang tewas tenggelam.Dalam setahun, yang tenggelam bisa mencapai tiga hingga lima orang, anehnya mereka yang tewas tak jauh dari Jembatan Kahayan yang menghubungkan antara Kota Palangkaraya dan Kelurahan Pahandut Seberang.

Hal mistik lainnya ialah adanya Kuyang di lokasi tersebut. Kuyang itu juga dikenal sering menganggu ketenangan masyarakat. Kemudian makhluk lainnya yakni, berjenis jin jahat beraut wajah mengerikan, dengan aura kemerahan dan memiliki tanduk. Selain itu, juga adanya Buaya Putih sebagai penunggu sungai Kahayan tersebut. Lukisan pertama yakni Kuyang, kemudian buaya putih, jin bertanduk, dan makhluk astral lainnya. Buaya putih itu dikenal sebagai penunggu sungai Kahayan tersebut. Sedangkan yang sering mengganggu adalah makhluk lain.

Istana di sungai kahayan itu dihuni oleh ribuan bahkan mungkin jutaan makhluk. Penghuninya pun berbeda-beda. Ada yang berbuat jahat ada pula berniat baik. Sebagian diantaranya juga termasuk korban yang tewas akibat tenggelam di sungai itu.

Bagi sebagian besar orang di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, sudah mengetahui adanya misteri ghaib jembatan Kahayan yang di bagian bawahnya ada kerajaan siluman.Memang hak ini tidak bisa diliar secara kasat mata, karena untuk melihatnya harus bisa tembus dengan mata batin dengan kekuatan ghaib.

Sebagian warga pun memang percaya ini, karena di sekitar lokasi tersebut diakui memang ada kekuatan ghaib yang bisa menarik orang masuk ke dalam pusaran ghaib tersebut sehingga banyak orang berenang yang tewas di lokasi tersebut.

Hampir setiap tempat angker terdapat sebuah istana yang dihuni oleh makhluk gaib. Tidak terkecuali lokasi Sungai Kahayan Palangka Raya, Kalimantan Tengah, tepatnya di Bawah Jembatan Kahayan.Terkadang istana itu juga dihuni oleh makhluk yang memiliki aura negatif, ada pula positif. Jika demikian, masyarakat tentu diimbau lebih berhati-hati termasuk meyakini bahwa dunia lain itu ada.Pasalnya, terkadang ada orang yang tidak begitu percaya adanya hal mistik. Padahal, jelas jika dunia gaib itu ada. Bagi makhluk gaib yang berbuat jahat, tentu tidak tinggal diam saja untuk menganggu manusia. Jika berhasil, maka rasa suka bukan kepalang itu terbenak dihati mereka. Hanya satu yang tidak bisa mereka ganggu yakni keimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Percaya atau tidaknya  kita  dengan hal-hal ghaib yang terjadi atau hal mistik lainnya itu semua tergantung dengan diri kita masing-masing dan kita memiliki hak untuk mempercayainya atau tidak karna semua itu hanya Allah. swt yang mengetahuinya.Kita hanya disuruh untuk lebih berhati-hati dan tidak meninggalkan agama kita dan tentu saja kita disuruh untuk menaati aturan allah swt.

Penulis    :Aulia

Redaktur :Ari

Referensi :

https://etirisnawati10.wordpress.com/2013/02/25/misteri-jembatan-kahayan-palangka-raya-kal-teng/

https://banjarmasin.tribunnews.com/2018/02/17/pusaran-air-sekitar-jembatan-kahayan-jadi-pintu-masuk-ke-kerajaan-gaib

 


KOMENTAR

Nama

Artikel,16,Berita,95,Berita Kampus,54,Berita Khusus,6,Fiksi,21,FILM,11,kajian keislaman,15,Opini,26,Puisi,19,resensi buku,13,
ltr
item
PERSMA AL-MUMTAZ: KISAH MISTIK SUNGAI KAHAYAN
KISAH MISTIK SUNGAI KAHAYAN
https://1.bp.blogspot.com/-i8XAD2cfxh0/YA7FXGDtUEI/AAAAAAAABX8/9xJrxW6Lx7g0_5KoBCG8wd9qUzraGEXywCLcBGAsYHQ/s320/MISTERI%2BSUNGAI%2BKAHAYAN%2BPIC.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-i8XAD2cfxh0/YA7FXGDtUEI/AAAAAAAABX8/9xJrxW6Lx7g0_5KoBCG8wd9qUzraGEXywCLcBGAsYHQ/s72-c/MISTERI%2BSUNGAI%2BKAHAYAN%2BPIC.jpg
PERSMA AL-MUMTAZ
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/01/kisah-mistik-sungai-kahayan.html
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/01/kisah-mistik-sungai-kahayan.html
true
2107564355454311192
UTF-8
Loaded All Posts tidak menemukan posts LIHAT SEMUA Baca Semua Balas Batal Balas HAPUS OLEH BERANDA HALAMAN POSTS LIHAT SEMUA REKOMENDASI PEMBACA LABEL ARCHIVE PENCARIAN SEMUA BERITA Tidak menemukan pos yang cocok dengan permintaan Anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des saat ini 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy