KEUTAMAAN MENGHADIRI MAJELIS ILMU

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) Ilmu adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang (pengetahuan) itu. Ilmu bisa ditemukan dimana saja dan kapan saja. Ilmu juga banyak dihadirkan pada majelis-majelis oleh guru-guru yang terkenal ataupun ahli pada bidangnya. Apalagi di jaman sekarang majelis-majelis ilmu banyak bertebaran dan bersebaran melalui media sosial, hanya tinggal niat dari pribadi masing-masing untuk menghadiri majelis ilmu yang sangat bermanfaat bagi rohani. Banyaknya keutamaan menghadiri majelis ilmu yang sedikit orang tau menjadikan majelis ilmu jarang dihadiri masyarakat apalagi anak muda yang lebih banyak menghadiri kafe-kafe unik dan terbaru.

Berikut keutamaan-keutamaan menghadiri majelis ilmu adalah:

1.  Dimudahkan jalannya menuju surga

Nabi SAW. bersabda, ”barangsiapa menempuh jalan menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan jalannya untuk menuju surga” (HR. At Tirmidzi no. 2682, Abu Daud no. 3641, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abu Daud)

2.    Mendapatkan ketenangan, rahmat dan dimuliakan para Malaikat

Nabi SAW. bersabda, “Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah dari rumah-rumah Allah (masjid) membaca Kitabullah dan saling mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka sakinah (ketenangan), mereka akan dinaungi rahmat, mereka akan dilingkupi para malaikat dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di sisi para makhluk yang dimuliakan di sisi-Nya” (HR. Muslim no. 2699)

3.    Merupakan jihad fi sabilillah

Nabi SAW. bersabda, “Barangsiapa yang memasuki masjid kami ini (masjid Nabawi) untuk mempelajari kebaikan atau untuk mengajarinya, maka ia seperti mujahid fi sabilillah. Dan barangsiapa yang memasukinya bukan dengan tujuan tersebut, maka ia seperti orang yang sedang melihat sesuatu yang bukan miliknya” (HR. Ibnu Hibban no. 87, dihasankan Al Albani dalam Shahih Al Mawarid, 69).

4.    Didoakan seluruh makhluk hidup

Rasulullah SAW bersabda, “Seluruh apa yang ada di langit dan di bumi akan memintakan ampunan kepada seorang ahli ilmu, begitu juga ikan yang ada di tengah lautan. Keutamaan seorang pemilik ilmu dibandingkan orang yang gemar beribadah seperti keutamaan diriku dibanding orang yang paling rendah dari kalian.” Kemudian Rasulullah melanjutkan sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya serta penduduk langit dan bumi semut dalam lubangnya, sampai ikan, mereka bersalawat (mendoakan) kebaikan bagi para pengajar manusia.” (HR.At-Tirmidzi)

5.    Menjadi Pewaris Nabi

Rasulullah SAW bersabda, “Keutamaan orang alim ahli ibadah adalah seperti keutamaan bulan pada malam purnama atas seluruh bintang–bintang. Sesungguhnya para ulama adalah pewaris para Nabi. Sesungguhnya para Nabi tidaklah mewariskan dinar maupun dirham, tetapi mereka mewariskan ilmu. Maka barangsiapa yang mau mengambilnya, sesungguhnya dia telah mengambil bagian yang sempurna.” (HR.Ahmad).

Dalam kitab Al Mu’jam al-Kabir diceritakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda;

Apabila melewati taman surga, hendaklah kamu duduk di situ dan istirahatlah di situ.” Para sahabat lantas bertanya, “Ya Rasulullah, apakah yang dimaksud taman surga itu? Rasulullah menjawab “ialah majelis-majelis ilmu. Barang siapa yang duduk Bersama ulama, maka dia duduk bersamaku, seakan-akan dia duduk Bersama Allah.” (HR. Thabrani)

Menurut Ibnu Abbas ra. Rasulullah SAW. pernah ditanya oleh salah seorang sahabatnya perihal siapa teman duduk yang paling baik. Rasulullah kemudian bersabda, “Orang yang apabila kamu lihat, dapat mengingatkanmu kepada Allah, menambahkan ilmumu dalam pembicaraannya, dan mengingatkanmu kepada akhirat dari amal-amalnya.”

Begitu banyaknya keutamaan yang didapatkan apabila kita menghadiri majelis ilmu dan berkumpul dengan orang-orang shaleh sehingga menambah semangat dalam mencari majelis ilmu. Setelah mendapatkan ilmu dari orang-orang saleh dan para guru hendaknya ilmu tersebut diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Wallahu A’lam

Penulis    : Nova

Redaktur : Ari

Referensi:

-         

  1. Muslim.or.id, https://muslim.or.id/39642-keutamaan-menghadiri-majelis-ilmu-di-masjid.html
  2. Akurat.co, https://akurat.co/news/id-1086340-read-keutamaan-mendatangi-majelis-ilmu-salah-satunya-dimuliakan-para malaikat#:~:text=Bagi%20siapa%20saja%20yang%20duduk,akan%20dimudahkan%20menuju%20surganya%20Allah.&text=Kedua%20ia%20akan%20dimuliakan%20para%20malaikat.&text=Ketiga%20ia%20akan%20mendapat%20pahala%20jihad%20fi%20sabilillah.
  3. Dalam islam, https://dalamislam.com/akhlaq/amalan-shaleh/keutamaan-menghadiri-majelis-taklim

KOMENTAR

Nama

Artikel,16,Berita,95,Berita Kampus,54,Berita Khusus,6,Fiksi,21,FILM,11,kajian keislaman,15,Opini,26,Puisi,19,resensi buku,13,
ltr
item
PERSMA AL-MUMTAZ: KEUTAMAAN MENGHADIRI MAJELIS ILMU
KEUTAMAAN MENGHADIRI MAJELIS ILMU
https://1.bp.blogspot.com/-wUaPa6dxAmM/YA7HxJVyxoI/AAAAAAAABYc/917oJu25vGE2qhTwcZi2WNSB7bbE42XcgCLcBGAsYHQ/s320/KEUTAMAAN%2BMENGHADIRI%2BMAJELIS%2BILMU%2BPIC.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-wUaPa6dxAmM/YA7HxJVyxoI/AAAAAAAABYc/917oJu25vGE2qhTwcZi2WNSB7bbE42XcgCLcBGAsYHQ/s72-c/KEUTAMAAN%2BMENGHADIRI%2BMAJELIS%2BILMU%2BPIC.jpg
PERSMA AL-MUMTAZ
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/01/keutamaan-menghadiri-majelis-ilmu.html
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/01/keutamaan-menghadiri-majelis-ilmu.html
true
2107564355454311192
UTF-8
Loaded All Posts tidak menemukan posts LIHAT SEMUA Baca Semua Balas Batal Balas HAPUS OLEH BERANDA HALAMAN POSTS LIHAT SEMUA REKOMENDASI PEMBACA LABEL ARCHIVE PENCARIAN SEMUA BERITA Tidak menemukan pos yang cocok dengan permintaan Anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des saat ini 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy