KEUTAMAAN MEMBACA AL-QUR'AN

Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam dan sebagai petunjuk serta penerang bagi manusia untuk menjalankan kehidupan di dunia. Al-Qur’an merupakan wahyu yang telah diturunkan Allah. SWT. kepada Nabi Muhammad SAW. melalui malaikat Jibril. Ayat yang pertama kali diturunkan kepada Rasulullah adalah “iqra” yaitu bacalah. Allah senantiasa menyuruh umat nya untuk membaca wahyu yang telah diturunkan sebagaimana firman-Nya pada QS Al-kahfi ayat 27 Dan bacakanlah apa yang diwahyuan kepadamu, yaitu kitab Tuhanmu (Al-Qur’an).”
Tidak hanya membaca tapi juga mencintai, tidak hanya mencintai tapi juga mempelajari, tidak hanya mempelajari tetapi juga menerapkan dikehidupan sehari-hari. Sebagian orang malas untuk membaca Al-Qur’an. Padahal didalamnya terdapat petunjuk dan sebagian yang lain tidak punya waktu untuk membaca Al-Qur’an. Padahal didalamnya terdapat keutamaan-keutamaan bagi orang yang membacanya. Berikut beberapa keutamaan bagi orang yang membaca Al-Qur’an, yaitu


1. Akan di angkat derajatnya oleh Allah.
Umar bin Khattab ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “sesungguhnya Allah SWT akan mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab ini (Al-Qur;an) dengannya pula Allah akan merendahkan kaum yang lain.” (HR. Muslim)


2. Menjadi syafaat pada hari kiamat
 Abu Umamah ra berkata, “aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Bacalah Al-Qur’an sebab Al-Qur’an akan datang pada hari kiamat sebagai sesuatu yang dapat memberikan syafaat (pertolongan) kepada orang-orang yang mempunyainya.” (HR. Muslim)


3. Hidup bersama para malaikat dan mendapat dua pahala bagi yang belum mahir membacanya
Aisyah ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “orang yang membaca Al-Qur’an dan dia sudah mahir dengan bacaannya itu, maka ia beserta para malaikat utusan Allah yang mulia lagi sangat berbakti, sedangkan  orang yang membaca Al-Qur’an dan ia belum lancar dan merasa kesukaran dalam membacanya, maka dia memperoleh dua pahala.” (HR. Bukhari-Muslim)


4. Membaca satu huruf akan mendapat sepuluh pahala kebajikan
Ibnu Mas’ud ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “orang yang membaca sebuah huruf dari kitabullah (Al-Qur’an) maka ia memperoleh suatu kebaikan, sedang satu kebaikan itu akan dibalas dengan sepuluh kali lipat yang seperti itu. Saya tidak mengatakan bahwa Alif Lam Mim itu satu huruf, tetapi alif adalah satu huruf, lam satu huruf dan mim juga satu huruf.” (HR. Imam Tirmidzi)


5. Mendapat ketenangan dan rahmat dari Allah SWT
Abu Hurairah ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah-rumah Allah untuk melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an dan mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka ketenangan, akan dilingkupi pada diri mereka dengan rahmat, akan dilingkari oleh para malaikat dan Allah pun akan menyebut (memuji) mereka pada makhluk yang ada di dekatnya.” (HR. Muslim)


6. Khatam Al-Qur’an merupakan amalan yang paling dicintai oleh Allah SWT
Ibnu Abbas ra berkata bahwa ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah SAW, “wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?, beliau menjawab ‘Al-hal wal murtahal’ orang ini bertanya lagi, ‘apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?’ beliau menjawab, “yaitu yang membaca Al-Qur’an dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai, ia mengulangi lagi dari awal.” (HR. Tirmidzi)


7. Akan mendapatkan shalawat dan doa dari malaikat
Sa’ad bin Abi Waqas berkata, “apabila Al-Qur’an dikhatamkan bertepatan pada permulaan malam, maka malaikat akan bershalawat (berdoa) untuknya hingga subuh. Dan apabila khatam bertepatan pada akhir malam, maka malaikat akan bershalawat dan berdoa untuknya hingga sore hari.” (HR. Ad-Darimi)


Begitu banyak keutamaan bagi orang yang membaca Al-Qur’an yang tidak bisa dijabarkan satu-satu. Dan dari 7 keutamaan itu sudah seharusnya kita luangkan waktu  untuk membaca Al-Qur’an, bukan menunggu waktu luang untuk membaca Al-Qur’an. Tanamkan dalam hati untuk istiqomah membaca Al-Qur’an sehari minimal satu lembar dan perbanyaklah membacanya dengan tartil. Karena Al-Qur’an merupakan petunjuk, penerang, penenang dan obat dari segala penyakit yang ada dibumi. Hanya Al-Qur’an yang akan menerangi alam kubur dan hanya Al-Qur’an yang akan menolong kita di akhirat kelak. Semoga kita semua terus membaca dan mencintai Al-Qur’an. Aamiin.


Penulis            :Nova
Redaktur         :Ari
Referensi        :Abu Nizhan, Buku Pintar Al-Qur’an, Jakarta: Qultum Media, 2008.
 


KOMENTAR

Nama

Artikel,18,Berita,97,Berita Kampus,60,Berita Khusus,6,Fiksi,23,FILM,13,kajian keislaman,17,Opini,27,Puisi,19,resensi buku,14,
ltr
item
PERSMA AL-MUMTAZ: KEUTAMAAN MEMBACA AL-QUR'AN
KEUTAMAAN MEMBACA AL-QUR'AN
https://1.bp.blogspot.com/-N97KHWQmNCY/X_LWr1ok2uI/AAAAAAAABTI/yFIc9sPIgHkp3aw1xgPnrG4U_UGnlDEUACLcBGAsYHQ/s320/keutamaan%2Bmembaca%2BAl-quran.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-N97KHWQmNCY/X_LWr1ok2uI/AAAAAAAABTI/yFIc9sPIgHkp3aw1xgPnrG4U_UGnlDEUACLcBGAsYHQ/s72-c/keutamaan%2Bmembaca%2BAl-quran.jpg
PERSMA AL-MUMTAZ
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/01/keutamaan-membaca-al-quran.html
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2021/01/keutamaan-membaca-al-quran.html
true
2107564355454311192
UTF-8
Loaded All Posts tidak menemukan posts LIHAT SEMUA Baca Semua Balas Batal Balas HAPUS OLEH BERANDA HALAMAN POSTS LIHAT SEMUA REKOMENDASI PEMBACA LABEL ARCHIVE PENCARIAN SEMUA BERITA Tidak menemukan pos yang cocok dengan permintaan Anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des saat ini 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy