SEMESTER GENAP AKAN BERAKHIR, MAHASISWA IAIN MASIH KELUHKAN KULIAH DARING


IAIN Palangka Raya - Minggu, 31 Mei 2020 genap 3 bulan sudah para mahasiswa/i serta para dosen pengampu menjalani perkuliahan secara daring. Para mahasiswa ada yang pro dan ada pula yang kontra dengan sistem perkuliahan ini, karena bisa jadi ini adalah kali pertama mereka menjalani sistem seperti sekarang ini.

Maka tim almumtaz melakukan peninjauan langsung kelapangan dengan mewawancarai mahasiswa, mengambil perwakilan dari setiap fakultas di IAIN Palangka Raya.

Mahasiswi Prodi Tadris Bahasa Inggris dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, ia mengatakan Sistem belajar berbasis online merasa kurang efektif, karena ada beberapa pelajaran yang mana harus disampaikan secara langsung atau tatap muka dan tidak bisa secara online karena bisa jadi akan menimbulkan kesalahpahaman. 

“Tugas-tugas yang diberikan kemungkinan besar akan menumpuk karena para dosen memberikan tugas pada waktu yang hampir bersamaan dan deadline yang diberikanpun hampir bersamaan jua. Belum lagi dengan mahasiswa yang berada di kampung yang di sana untuk mendapatkan sinyal adalah suatu hal yang sulit. Jadi saya harap kebijakan kuliah online ini bisa ditinjau kembali, seperti dosen bisa memberi tugas tidak terlalu banyak dan tidak terlalu berat sesuai dengan keadaan mahasiswa/i” Ungkap Norsakinah (01/06).

Dari mahasiswi Prodi Ekonomi Syariah dari Fakultas Ekonomi Syariah, ia mengungkapkan bahwa sebenarnya efektif atau tidaknya kuliah daring ini kembali lagi kepada mahasiswanya. Di balik sistem ini pastilah ada kelebihan serta kekurangannya masing-masing seperti bisa dilakukan di mana saja, tetapi tidak semua mahasiswa berada di wilayah yang kualitas sinyalnya memadai. 

“Terlepas dari sulit atau mudahnya kuliah online ini, kita sebagai mahasiswa haruslah sadar akan situasi seperti ini bahwa menuntut ilmu itu bisa kapan saja, di mana saja, dan dengan berbagai cara. Dan menurut saya tentang semua ini adalah sebenarnya sistem ini bukannya kurang efektif, tetapi kita saja yang masih belum siap untuk menjalankan The real Revolusi Indisutri 4.0 karena pada era sekarang segalanya hampir bisa dilakukan secara daring.” Papar Rika Amelia 

Ahmad Zaki Abrori Mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam dari Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah. Ia mengatakan Kuliah berbasis daring ini sebenarnya merupakan langkah dan solusi yang tepat dalam menghadapi situasi seperti sekarang ini, hanya saja dalam penerapannya, sebagian mahasiswa belum siap dalam menjalankannya. Banyak faktor yang mempengaruhi semangat belajar mahasiswa seperti dalam gadgetnya banyak terinstal aplikasi yang sebenarnya jarang digunakan untuk pembelajaran seperti game-game online, banyaknya aplikasi yang “tidak nyambung” dengan pembelajaran online itu bisa menggangu konsentrasi belajar mahasiswa. Karena sekarang ini segala sesuatu dilakukan hanya dari rumah dan kebanyakan mahasiswa menjadi sering begadang, mungkin bermain game untuk menghilangkan rasa suntuk karena selalu di rumah aja, sehingga menyebabkan ia bangun kesiangan yang membuat ia ketinggalan pertemuan online. 

“Saya berharap kepada para petinggi, jika bisa ada platform khusus yang bisa digunakan untuk menunjang perkuliahan online ini, yang mana dengan platform itu mahasiswa bisa lebih fokus menyimak materi dari dosen, dan diharapkan juga kepada para dosen agar tidak monoton dalam menyampaikan materinya agar tidak terkesan membosankan, dan juga tolong jika memberikan tugas itu jangan berat-berat, karena dalam kondisi yang katanya cukup berbahaya ini tidak perlu menambah bebas mahasiswa.” Ujarnya

Terakhir dari mahasiswa Prodi Hukum Tata Negara dari Fakultas Syariah. Ia juga mengungkapkan Kuliah daring yang sedang kita jalani sekarang dengan kuliah secara langsung itu kurang lebih sama, karena mahasiswa akan aktif dalam pertemuan di saat pengambilan absen. 

“Namun, menurut saya pribadi kuliah daring kurang efektif untuk orang yang suka berdiskusi, hal ini menjadi terhambat, seperti yang saya alami ketika menggunakan aplikasi WhatsApp, sangat tidak efektif bagi saya dan banyak membuang waktu untuk menunggu. Lalu dalam kuliah daring ini kita tidak mengetahui posisi dari mahasiswa itu jaringannya memadai atau tidak. Dan yang terakhir menurut saya adalah akhlak atau perilaku, ketika kita di kampus bertatap langsung kita lebih diajarkan mengenai bagaimana cara bersikap dan lebih berhati (dalam bersikap) ketika di dalam kelas, biasanya angkat kaki, pakaian, dan yang lainnya yang tidak kita dapatkan ketika kuliah daring. Jadi, harapan saya mengenai kebijakan ini tolong lah didiskusikan lagi. Tapi, jika kondisinya seperti ini apa boleh buat, ikuti saja dulu alurnya dan semoga wabah ini cepat selesai” Tukas Daeni Topan Vauzi. (wh/nh)


KOMENTAR

Nama

Artikel,3,Berita,97,Berita Kampus,40,Berita Khusus,4,Fiksi,8,kajian keislaman,4,Opini,23,Puisi,19,resensi buku,6,
ltr
item
PERSMA AL-MUMTAZ: SEMESTER GENAP AKAN BERAKHIR, MAHASISWA IAIN MASIH KELUHKAN KULIAH DARING
SEMESTER GENAP AKAN BERAKHIR, MAHASISWA IAIN MASIH KELUHKAN KULIAH DARING
https://1.bp.blogspot.com/-6fttp4KiG0U/XtcR74_GNMI/AAAAAAAAA8c/RMahyJm4a_UaHQGfFAUpF4u2-nSKKpFBwCK4BGAsYHg/s320/WhatsApp%2BImage%2B2020-06-03%2Bat%2B09.51.25.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-6fttp4KiG0U/XtcR74_GNMI/AAAAAAAAA8c/RMahyJm4a_UaHQGfFAUpF4u2-nSKKpFBwCK4BGAsYHg/s72-c/WhatsApp%2BImage%2B2020-06-03%2Bat%2B09.51.25.jpeg
PERSMA AL-MUMTAZ
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2020/06/semester-genap-akan-berakhir-mahasiswa.html
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2020/06/semester-genap-akan-berakhir-mahasiswa.html
true
2107564355454311192
UTF-8
Loaded All Posts tidak menemukan posts LIHAT SEMUA Baca Semua Balas Batal Balas HAPUS OLEH BERANDA HALAMAN POSTS LIHAT SEMUA REKOMENDASI PEMBACA LABEL ARCHIVE PENCARIAN SEMUA BERITA Tidak menemukan pos yang cocok dengan permintaan Anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des saat ini 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy