Pulang: Tentang Lika-Liku Seorang Bujang

                                                       Oleh: Tri Kresna Oktiawati Judul                           :...



                                                      
Oleh: Tri Kresna Oktiawati

Judul                           : Pulang
Penulis                         : Tere Liye
Tanggal Terbit             : September 2015
Penerbit                       : Republika Penerbit
Tebal Halaman            : 400 Halaman

Buku berjudul Pulang ini mengisahkan tentang lika–liku kehidupan seorang anak pulau Bukit Barisan bernama Bujang. Anak dari seorang wanita bernama Midah dan pria bernama Samad, mantan tukang pukul keluarga Tong. Bujang memutuskan untuk merantau ikut bersama dengan seorang saudara angkat Ayahnya yang biasa dipanggil Tauke muda, setelah kejadian perburuan Babi Hutan di kampungnya. 

Kedatangan Tauke ke pulau mereka tidaklah semata-mata untuk memburu babi, namun juga untuk membawa Bujang masuk ke dalam keluarga Tong, dimana bisnis keluarga Tong adalah organisasi pasar gelap atau yang biasa disebut Shadow Economy. Sejak Bujang berhasil menyelamatkan Tauke Muda dari serangan babi raksasa ia pun dipanggil dengan Si Babi Hutan. Sebut saja Si Babi Hutan, maka semua orang yang mendengarnya akan gemetar. Si Jagal nomor satu. Jenius. Kuat dan tidak mengenal rasa TAKUT. 

“Kau boleh melupakan mamak, kau boleh melupakan seluruh kampung ini, tapi apapun yang akan kau lakukan disana berjanjilah, Bujang kau tidak akan makan daging babi atau daging anjing. Kau akan menjaga perutmu dari makanan haram dan kotor. Kau juga tidak akan menyentuh tuak dan segala minuman haram. Agar besok lusa, jika hitam seluruh hidupmu, hitam seluruh hatimu, kau tetap punya satu titik putih dan semoga itu berguna.

Bukan dengan tujuan menjadikan tukang pukul Tauke muda membawanya ikut serta, tapi dengan misi yang lain. Misi yang akan membawa keluarga Tong bertransformasi menjadi lebih baik, besar dan tidak tertandingi. Untuk itulah ia membawa Bujang. Meski awalnya agak kesusahan membujuk anak dari Samad dan Midah ini untuk belajar, namun akhirnya Bujang menyerah kepada kemauan keras Tauke muda. Tidak seperti tukang pukul lainnya yang melewati hari dengan pertempuran. Bujang melewati hari dengan belajar dan terus belajar dengan bantuan gurunya yang pertama yaitu Frans. Bujang, seorang anak pulau Bukit Barisan yang memiliki tingkat kecerdasan di atas rata-rata. 

Bujang, tidak hanya dilatih kecerdasan otaknya namun juga fisiknya berkembang menjadi lebih kuat dibawah didikan Kopong. Kopong adalah sahabat lama Ayahnya Samad, bagi kopong melatih Bujang sudah seperti melatih anaknya sendiri. Ia mengajarinya cara menjadi tukang pukul yang hebat dan tidak tertandingi. Hingga akhirnya Bujang mengantongi julukan Si Babi Hutan, jagal nomor 1. 

Sebuah perjalanan lika-liku hidup pastilah dialami oleh semua orang, tidak terkecuali Bujang. Secercah rasa takut dan sedih mulai hadir dalam hidupnya. Disaat ia mendapatkan gelar sarjananya saat itu pulalah ia mendapat kabar bahwa mamak nya yang ia cintai telah pergi untuk selama-lamanya. “Aku tahu sekarang lebih banyak luka di hati bapakku dibanding di tubuhnya. Juga Lebih banyak tangis di hati mamak dibanding di matanya.

Kelebihan Novel: Novel ini berbeda sekali dari yang biasanya, karena banyak adegan action yang terselip didalamnya. Novel yang bermanfaat juga karena banyak terdapat informasi yang tidak umum diketahui orang seperti bagaimana sebenarnya organisasi shadow economy itu. Seperti biasanya, selalu sarat akan makna. 

Kekurangan Novel: Sedikit dibuat penasaran sama endingnya, jadi terkesan menggantung. Bagaimana tindakan Bujang selanjutnya terhadap Oganisasi ini? lalu perjalanan terakhir saat ia pergi sama Edwin, Bujang hendak melakukan urusan yang belum selesai apa dengan master dragon? Apakah dibuat sengaja demikian karena nanti akan ada yang keduanya?

Kesimpulan Novel: buku ini sangat bagus sekali, sangat memberikan makna hidup yang luar biasa. Terutama untuk generasi muda yang tengah galau menentukan jalan hidup.

COMMENTS

Nama

after class,5,Berita,103,Cerpen,8,Featured,19,headline news,7,kajian keislaman,4,kampus corner,19,Kegiatan,21,Opini,20,Puisi,13,resensi buku,4,
ltr
item
PERSMA AL-MUMTAZ: Pulang: Tentang Lika-Liku Seorang Bujang
Pulang: Tentang Lika-Liku Seorang Bujang
https://3.bp.blogspot.com/-l51oSkeDeYY/WtRZQDZ-BDI/AAAAAAAAASU/rSWUoA2njSUOi1UfUdvyf0hafkMxdkSjgCEwYBhgL/s320/IMG-20180416-WA0004%255B1%255D.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-l51oSkeDeYY/WtRZQDZ-BDI/AAAAAAAAASU/rSWUoA2njSUOi1UfUdvyf0hafkMxdkSjgCEwYBhgL/s72-c/IMG-20180416-WA0004%255B1%255D.jpg
PERSMA AL-MUMTAZ
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2018/04/pulang-tentang-lika-liku-seorang-bujang.html
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2018/04/pulang-tentang-lika-liku-seorang-bujang.html
true
2107564355454311192
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy