Mengapa Prodi IQT Ada Praktik Mengajar?

LPM Al-Mumtaz, Palangka Raya 14 April 2018 --- Proses pembelajaran pada program studi Ilmu Qur’an Tafsir semester 6   di IAIN Palangka...


LPM Al-Mumtaz, Palangka Raya 14 April 2018 --- Proses pembelajaran pada program studi Ilmu Qur’an Tafsir semester 6  di IAIN Palangka Raya  menarik perhatian mahasiswa. Pasalnya, pada semester ini mereka harus mengikuti mata kuliah PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) yang berbentuk PM 1 (Praktek mengajar 1).

Tentu saja ini menjadi pertanyaan bersama, karena selama ini yang lumrah terjadi mata kuliah berbentuk  PM itu terdapat pada mahasiswa yang ada di jurusan tarbiyah. Bukan pada mahasiswa jurusan ushuluddin.

Salah satu mahasiswa prodi IQT yang kami wawancarai, Sugiannur, sedikit menyayangkan hal ini. Menurut dia, masih banyak hal yang memungkinkan dilakukan oleh mahasiswa prodi tafsir selain praktik mengajar, di antaranya bekerjasama dengan bidang majelis fatwa MUI, Bahtsul Masa’il NU, atau majelis Tarjih Muhammadiyah. Dan banyak lagi bidang praktik yang berkaitan dengan keahlian tafsir selain harus mengajar.

“Kalau untuk meningkatkan skill  mengajar, kami tidak masalah. Kami pun bisa mengajar. Namun itu dijadikan mata kuliah yang harus diambil, lalu bentuknya praktik mengajar, yang harus menyusun RPP, menyesuikan kurikulum dan sebagainya yang sama seperti pada jurusan tarbiyah, itu kurang pas menurut saya” Ungkap Sugi.

salah satu mahasiswa IQT sedang praktik mengajar di kelas
Di waktu dan tempat terpisah, kami juga menggali informasi tentang ini kepada Abudarrahman Hamba selaku wakil dekan 1 bidang akademik di Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah. Beliau menjelaskan bahwa hal itu dilakukan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa IQT dalam hal pengajaran Al-qur’an. 

Karena menurut dia, tugas mengajar itu bukan hanya pada orang tarbiyah saja tetapi tugas semua jurusan, termasuk mahasiswa IQT. Lagipula, lanjutnya, sekarang ini mahasiswa tarbiyah hanya bisa mengaajar di SMP (MTS) dan SMA (MA) tidak bisa mengajar di pondok pesantren, mahasiswa IQT inilah yang akan mengisi kekurangan itu.

“Masalah apakah ini ada dalam aturan kurikulum institut atau tidak, ini masih menjadi perdebatan, bahkan sampai di KEMENAG sendiri, tentang aturan mata kuliah ini. Ini kami ada buku pedoman akademiknya, ini disesuaikan dengan visi misi” ungkap beliau.

“Memang idealnya mahasiswa prodi IQT praktiknya seperti mentakhrij Alqur’an dan sebagainya itu, namun keadaan kita sekarang kan kurang memungkinkan, kita tidak punya sarana dan prasarana serta SDM untuk itu. Maka dari itu kami menyiasati, mencoba untuk pertama kali praktik mereka dialihkan saja pada praktik mengajar dulu” lanjut Abdurrahman Hamba.

Dakir sebagai ketua Lembaga Penjaminan Mutu di  IAIN Palangka Raya  memberikan penjelasan. “ Pada dasarnya, program studi Ilmu Qur’an Tafsir spesifikasinya menjadi sarjana di bidang tafsir, maka seyogyanya kurikulumnya memuat mata kuliah yang  mengarah kepada keilmuwan tentang tafsir. Nah, jika di prodi itu ada mata kuliah yang mengarah kepada kependidikan seperti PM 1 atau PM 2 itu tidak dibenarkan, dan harus ditinjau ulang” kata beliau.

Beliau menjelaskan lebih lanjut bahwa secara formal memang aturan kurikulum itu diadaptasi dari pusat, lalu aturan kampus yang kemudian diserahkan ke fakultas sesuai bidang-bidang yang sudah diatur. PM di prodi IQT itu sejauh ini tidak ada kebijakan rektor tentang itu. karena itu, jika ada kurikulum tentang pendidikan yang dimasukkan pada prodi tafsir, itu harus ditinjau ulang, bahkan ditiadakan. Karena tidak sesuai bidangnya sebagai sarjana tafsir.

Kalaupun sarjana tafsir ingin juga mengajar, sebenarnya  itu ada pendidikan lain, program sendiri namanya pendidikan profesi, di waktu yang lain, tetapi tidak masuk kurikulum pada saat menempuh perkuliahan sarjana tafsir.

Reporter: Arifin, Irfan,  Beta
Editor: Arifin

COMMENTS

Nama

after class,5,Berita,103,Cerpen,8,Featured,19,headline news,7,kajian keislaman,4,kampus corner,19,Kegiatan,21,Opini,20,Puisi,13,resensi buku,4,
ltr
item
PERSMA AL-MUMTAZ: Mengapa Prodi IQT Ada Praktik Mengajar?
Mengapa Prodi IQT Ada Praktik Mengajar?
https://3.bp.blogspot.com/-Ssw6TEdTCXQ/WtIanyHdcWI/AAAAAAAAAQU/AdrjB1UNSwQmzE3KvzIkwnbd2FhK_QZJACLcBGAs/s320/SJPE3009%255B1%255D.JPEG
https://3.bp.blogspot.com/-Ssw6TEdTCXQ/WtIanyHdcWI/AAAAAAAAAQU/AdrjB1UNSwQmzE3KvzIkwnbd2FhK_QZJACLcBGAs/s72-c/SJPE3009%255B1%255D.JPEG
PERSMA AL-MUMTAZ
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2018/04/mengapa-prodi-iqt-ada-mata-kuliah.html
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2018/04/mengapa-prodi-iqt-ada-mata-kuliah.html
true
2107564355454311192
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy