Mahasiswa Mengeluh: Fasilitas FTIK Belum Maksimal, Dekan FTIK Menanggapi

Gedung Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan tampak dari beberapa sisi. Beberapa mahasiswa mengeluhkan permasalahan yang mereka alami ...


Gedung Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan tampak dari beberapa sisi.
Beberapa mahasiswa mengeluhkan permasalahan yang mereka alami saat melakukan perkuliahan di gedung Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Jika kita Melihat kondisi ruangan yang berada di gedung FTIK memang ada sedikit kekurangan fasilitas, sehingga mahasiswa mengeluhkan hal ini. Dengan berbagai alasan yang menjadi faktor yang mengganggu kegiatan belajar dan mengajar. Sebagaimana diketahui konsentrasi dan kenyamanan belajar sebagai faktor yang cukup penting dalam proses belajar. 

Berdasarkan hasil laporan didapatkan (12/04) pada salah satu mahasiswa FTIK yang baru saja selesai mengikuti program perkuliahan. Intan Widya Prodi PAI memberi keterangannya mengenai fasilitas yang ada di gedung FTIK. “Fasilitas yang ada di gedung FTIK masih perlu untuk ditingkatkan. Seperti yang kita ketahui bahwasanya mahasiswa FTIK adalah mayoritas di Kampus kita IAIN Palangka raya, tapi justru fasilitas yang ada dikelas kurang memuaskan.

“Kita tidak bisa mengikuti proses pembelajaran secara maksimal karena kepanasan, yang akhinya mengurangi konsentrasi kita pada mata kuliah yang ada” seru Intan sambil menambahkan keluhannya.

“Kondisi seperti tadi benar adanya karena kelas-kelas yang berada di tiap lantai gedung FTIK memang kebanyakan belum memiliki kipas angin. Dan juga jumlah kipas angin yang ada di kelas tersebut kurang maksimal mengingat jumlah mahasiswa yang kurang lebih 23-25 mahasiswa di dalamnya

Selanjutnya kondisi WC atau toilet yang terdapat pada gedung FTIK ada 3 sayangnya hanya 1 untuk putri dan putra tiap lantai yang dapat digunakan atau dibuka”.
 
Saya sangat senang apabila mendapat kesempatan untuk menggunakan kelas di gedung FUAD apabila kelas yang ada di gedung FTIK penuh. Di sana fasilitas di kelasnya cukup memadai dan nyaman. Padahal kan kita tahu, bahwa mahasiswa dengan jumlah banyak itu anak FTIK. Saya merasa fasilitas di gedung kami masih belum maksimal” tuturnya.

Saya sih enggak bermasalah dengan fasilitas toilet yang ada di gedung FTIK karena jarang juga memanfaatkannya cuman sih kadang perlu sabun sama tisu untuk keperluan di toilet aja gitu” ungkap Intan sebagai mahasiswa yang merasakan langsung hal tersebut.

Intan juga mengungkapkan harapanya untuk kedepannya “sebagai Mahasiswa, saya berharap fasilitas gedung dapat dimaksimalkan sehingga para mahasiswi dapat dengan nyaman menerima pembelajaran yang ada di kampus”.

Di sisi lain juga informasi yang berkaitan untuk menanggapi permasalahan tersebut. Salah satunya keterangan dari Dekan FTIK sendiri. Sebagaimana kita ketahui tugas beliau selaku dekan yang bertanggung jawab atas Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Beliau memberikan penjelasan mengenai dasar dan akar masalah serta beberapa solusi yang diharapkan ke depannya dapat terealisasikan.

Drs. Fahmi, M.Pd mengungkapkan tanggapan beliau “Minimnya pendanaan menjadi penghambat utama mengapa fasilitas di gedung FTIK ( Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan) sampai saat ini masih belum memadai. Dari awal gedung tersebut dibangun memang fasilitasnya masih kurang, berbeda dengan gedung triple tower yang dari awal dibangun dengan pendanaanya  yang lengkap satu tahun anggaran. Sedangkan untuk gedung FTIK menggunakan anggaran kampus pertahun, sehingga sulit untuk mengembangkan fasilitas yang tersedia”.

“Banyaknya keluhan yang dirasakan oleh para mahasiswa, kami akui itu. Seperti kipas angin dan wc atau kamar mandi yang masih ada kekurangan, hal tersebut memang terlihat sederhana namun mempengaruhi proses perkuliahan mahasiswa. Kami juga para dosen merasakan hal yang sama. Kami akan terus berusaha untuk terus mengingatkan pihak kampus untuk terus memperbaiki dan melengkapi kelengkapan fasilitas dari fakultas. Karena  dari pihak fakultas tidak ada hak untuk mengadakan. Kami hanya bertugas menjaga dan memelihara, untuk melengkapi menjadi kewenangan dari pihak kampus”.

“Untuk wc atau kamar mandi yang hanya berfungsi satu untuk putra atau putri di setiap lantai, hal ini kemungkinan terjadi kerusakan dan akan segera dipastikan oleh pihak perawatan. Karena memang sudah tugas dari fakultas untuk memelihara jika ada yang belum diperbaiki. Kami  akan segera menindaklanjuti hal ini demi kenyamanan mahasiswa. Saya memohon maaf kepada para mahasiswa  dengan ketidak nyamanan tersebut, tapi sesungguhnya kita sama-sama merasakan itu. Namun sekali lagi saya selaku Dekan akan segera mengusulkan kepihak institut supaya kebutuhan-kebutuhan tersebut dapat terpenuhi ” ungkap beliau atas permasalahan yang terjadi.

 
Reporter          : ARY, Windy, Tri Kresna, Uswatun dan Akhlakul Karimah
Editor              :ARY


COMMENTS

BLOGGER: 4

Nama

after class,5,Berita,103,Cerpen,8,Featured,19,headline news,7,kajian keislaman,4,kampus corner,19,Kegiatan,21,Opini,20,Puisi,13,resensi buku,4,
ltr
item
PERSMA AL-MUMTAZ: Mahasiswa Mengeluh: Fasilitas FTIK Belum Maksimal, Dekan FTIK Menanggapi
Mahasiswa Mengeluh: Fasilitas FTIK Belum Maksimal, Dekan FTIK Menanggapi
https://4.bp.blogspot.com/-SCumMt_WKo0/WtKrzJYaMnI/AAAAAAAAARQ/U3vzKSwaQE8i3ULy8KeLPU5jXo2_lSc8ACLcBGAs/s640/Gedung%2BFTIK%2BS1.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-SCumMt_WKo0/WtKrzJYaMnI/AAAAAAAAARQ/U3vzKSwaQE8i3ULy8KeLPU5jXo2_lSc8ACLcBGAs/s72-c/Gedung%2BFTIK%2BS1.jpg
PERSMA AL-MUMTAZ
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2018/04/mahasiswa-mengeluhkan-fasilitas-ftik-.html
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2018/04/mahasiswa-mengeluhkan-fasilitas-ftik-.html
true
2107564355454311192
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy