Mahasiswa IAIN Palangka Raya Haram Mengikuti Organisasi Ekstra Kampus?

Suara Mahasiswa Part 2 Ketua SEMA IAIN Syarif baju hitam dengan sarung merah di leher IAIN Palangka Raya - Diharamkan mengikuti o...

Suara Mahasiswa Part 2
Ketua SEMA IAIN Syarif baju hitam dengan sarung merah di leher


IAIN Palangka Raya- Diharamkan mengikuti organisasi ekstra bagi mahasiswa IAIN Palangka Raya dan sudah banyak aktivis ekstra yang didrop-out dari kampus. Setidaknya begitulah statement yang disampaikan oleh Ketua Senat Mahasiswa (SEMA) IAIN Ahmad S. Abdullah saat menjadi pemateri pada pelaksanaan Pra-PBAK 2017 (10/8), di Aula IAIN. Pernyataannya telah memunculkan pertanyaan dan masalah dikalangan mahasiswa.

Melalui diskusi terbuka (14/8) aliansi mahasiswa menuntut kepada petinggi SEMA Ahmad S. Abdullah untuk menjelaskan maksud dari ucapannya tersebut, “karena apa yang disampaikan oleh Ketua SEMA jelas bertentangan dengan UUD 1945 pasal 28, mengenai kebebasan berserikat”, tegas speacker aliansi mahasiswa Surya.

“saudara perlu menjelaskan terkait ucapan saudara karena apa yang saudara sampaikan bisa menyinggung aktivis ekstra kampus”, tambahnya.

Adapun pengertian organisasi eksternal kampus menurut undang-undang SEMA IAIN Palangka Raya adalah organisasi yang berada di luar birokrasi kampus dan aktifitasnya berada di luar lingkup universitas atau perguruan tinggi.

“bukan mahasiswa haram mengikuti organisasi ekstra, tapi kegiatan ekstra yang diharamkan dilaksanakan dalam kampus”, kilah Syarif pada saat diskusi terbuka.

Ketika ditanya mengenai mahasiswa yang didrop-out terkait pernyataan yang dikeluarkan oleh Ahmad S. Abdullah, ia hanya mengungkapkan mengenai tingkat sanksi yang akan diterima apabila ada mahasiswa yang melakukan kegiatan organisasi ekstra di area kampus.

Menanggapi tuntutan aliansi mahasiswa, Syarif Abdullah-pun meminta maaf kepada aktivis ekstra kampus dan melakukan klarifikasi atas pernyataanya, melalui Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Al-Mumtaz (15/8). Apa yang ia sampaikan kepada crew Al-Mumtaz tidak jauh berbeda dengan apa yang disampaikan pada saat diskusi terbuka, “bukan mengikuti organisasi ekstra yang dilarang melainkan dilarangnya mengadakan kegiatan atau aktivitas organisasi ekstra di area kampus,” jelas Syarif.

Merujuk pada undang-undang SEMA IAIN, "organisasi ekstra dipebolehkan melakukan aktivitas di area kampus apabila memenuhi syarat administrasi dari kampus berupa Surat Keterangan (SK) dari institusi."


 ed : Eva

COMMENTS

BLOGGER: 12
  1. Wah Sudah melenceng jauh kebebasan mahasiswa untuk berorganisasi.

    BalasHapus
  2. Hahaah... Selain radikalisme rasanya segala bentuk kegiatan positif bisa di selenggarakan di kampus. Tidak harus ada atau tidaknya SK dr Institusi..

    BalasHapus
  3. Baik-baik lah bertutur kata saat di forum ya ketua. Pemimpin itu public speechnya harus cerdas bukan pintar

    BalasHapus
  4. Hal seperti ini memang patut diklarifikasi, salut untuk aliansi mahasiswa yang sangat peka dan tanggap dalm merespon hal tersebut.

    BalasHapus
  5. Saya sebagai mantan Ketua BEM STAIN P.Raya 2004-2005 yg sekarang alhamdulillah sdh 2 periode menjabat anggota DPRD Murung Raya merasa kecewa jgn pernyataan saudara selaku ketua Sema anda seharusnya memotivasi mahasiswa utk aktif dlm organisasi intra maupun ekstra kampus bukan malah melarang, walaupun sdh saudra klarifikasi. Sy ini produk organisasi intra dan ekstra bro...yg sy rasakan bahwa organisasi itu melatih kemampuan kita dlm memimpin, membuka kepekaan pemikiran kita terhadap kondisi sosial budaya ekonomi politik dll juga membuka akses ke berbagai tingkatan strata sosial dan lain2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sukses sahabat Rahmanto, maju terus untuk Kalteng yg lebih berkah... Salam dari Ulun junior Pian di PMII, dan Junior Pian di BEM STAIN...

      Hapus
  6. Mantan aktivis intra maupun ekstra akan terlihat lebih terampil ketika menjadi pejabat/pengelola negara dari pusat sampai daerah, akan lebih siap ketika terjun di tengah masyarakat, karena bekal pengetahuan yg didapat sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  7. Mantan aktivis intra maupun ekstra akan terlihat lebih terampil ketika menjadi pejabat/pengelola negara dari pusat sampai daerah, akan lebih siap ketika terjun di tengah masyarakat, karena bekal pengetahuan yg didapat sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  8. Sepertinya anda kurang piknik. Berputar sekitar kampus saja, Sampai kata haram di gunakan lagi. 😑

    BalasHapus
  9. Hahaha, ada ternyata mahasiswa yg cetek ilmu ngomong ngawur, malu saya sebagai alumni di sana dan malu saya sebagai mantan pengurus BEM di sana. Udah ah jangan bikin malu lagi...

    BalasHapus
  10. Salut dengan aliansi mahasiswa yg selalu pro aktif terhdap permasalahan seputar aktivitas kmahasiswaan kampus.. Maju terus

    BalasHapus
  11. Maklum ja Ketua Sema nya kd biasa umpat organisasi Ekstra Kampus lalu ja asal bepander dgn Mahasiswa Baru. Lebih banyak manfaat nya mengikuti organisasi ekstra dan Intra Kampus ding ay. Khusus untuk Ketua Sema yang Terhormat.

    BalasHapus

Nama

after class,5,Berita,103,Cerpen,8,Featured,19,headline news,7,kajian keislaman,4,kampus corner,19,Kegiatan,21,Opini,20,Puisi,13,resensi buku,4,
ltr
item
PERSMA AL-MUMTAZ: Mahasiswa IAIN Palangka Raya Haram Mengikuti Organisasi Ekstra Kampus?
Mahasiswa IAIN Palangka Raya Haram Mengikuti Organisasi Ekstra Kampus?
https://3.bp.blogspot.com/-9SJ3m51bmmM/WZPbWFV4GnI/AAAAAAAAAB0/xwcKqoUmdU07b1SfsjjoKczirtTdKu9nQCLcBGAs/s320/aliansi.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-9SJ3m51bmmM/WZPbWFV4GnI/AAAAAAAAAB0/xwcKqoUmdU07b1SfsjjoKczirtTdKu9nQCLcBGAs/s72-c/aliansi.jpg
PERSMA AL-MUMTAZ
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2017/08/mahasiswa-iain-palangka-raya-haram.html
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/
http://al-mumtaz.ukm.iain-palangkaraya.ac.id/2017/08/mahasiswa-iain-palangka-raya-haram.html
true
2107564355454311192
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy